Potret

Alfreda da Silva, Perempuan Hebat, Rendah Hati Nan Sederhana di Balik Kesuksesan Blasius Bapa

Alfreda da Silva (Baju Kuning) bersama sang suami Blasius Bapa dan anak-anak (Foto:Dokumen KBM Jaya)

JAKARTA, SUARAFLORES.NET,-Hari Sabtu, 10 Januari 2020 pesan duka beredar melalui jagat media, telah meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Ibu Alfreda da Silva istri dari seorang jurnalis, pengusaha dan politisi, Blasius Bapa. Ibu Alfreda da Silva meninggal pada pukul 13.39 WIB dalam usia 76 tahun karena sakit stroke. Pesan duka itu seketika diketahui seluruh Keluarga Besar Maumere (KBM) Jaya dan seluruh warga NTT.

Ucapan duka cita mendalam atas meninggalnya Alfreda da’ Silva pun mengalir di ruang publik. Perempuan tegar yang telah sangat setia mendampingi sang suami Blasius Bapa sang tokoh politik NTT asal Maumere, Kabupaten Sikka ini telah menutup mata untuk selamanya. Selain Blasius Bapa dan anak-anak bersama cucu dan seluruh keluarga, banyak orang yang mengetahui dengan baik kehidupan Alfreda yang sederhana dan rendah hati pun merasa kehilangan atas kepergian ke rumah Tuhan.

Memang sudah banyak orang yang mengetahui siapa sebenarnya sosok Alfreda yang telah melahirkan putra terbaiknya Melchias Markus Mekeng yang kemudian sukses menjadi, Anggota DPR RI, Fraksi Partai Golkar, Dapil NTT I. Namun tidak semua orang mengetahui secara mendalam sosok perempuan bersahaja tersebut.

Ketua KBM Jaya, Petrus Selestinus menuturkan bahwa Alfreda adalah seorang ibu (istri) yang dengan setia mendampingi Blasius Bapa dalam berbagai aktivitas di medan pengabdian. Sukses Blasius Bapa dalam pengabdian dan kariernya sebagai Wartawan PAB (Harian Angkatan Bersenjata), sebagai Bisnisman, Anggota MPRS RI, aktivitas sosial di Yayasan Lions Club dan dalam peguyuban KBM Jaya, tidak terlepas dari keteguhan hati dan kesetiaan seorang Ibu Alfreda da’ Silva dalam mengelola kehidupan keluarga, termasuk sukses mengantar Blasius Bapa pada Oktober 1989 mengorganisir segala keperluan dan kebutuhan terkait kunjungan Paus Johanes Paulus II ke Sikka, Maumere meresmikan patung Kristus Raja di Sikka.

Bagi KBM Jaya, kata Petrus, Alfreda da’ Silva adalah sosok seorang Ibu yang patut diteladani terutama karena berhasil mengantarkan semua putra putrinya sukses dalam pendidikan dan masing-masing  berkarya menurut profesinya masing-masing. Selain itu, mendiang Ibu Alfreda da’ Silva juga berhasil mengajarkan semua putra putrinya untuk tampil sederhana dan rendah hati di tengah kehidupan metropolis yang glamour.

Alfreda da’ Silva dengan penuh pengertian bisa mengelola waktu untuk tugas-tugas rumah tangga sebagai seorang istri dan ibu dari semua putra-putrinya sekaligus ibu dari seluruh warga KBM JAYA dalam urusan sosial karitatif. Karena sejak berdirinya KBM Jaya tahun 1978 hingga sekarang, Mendiang Alfreda da’ Silva selalu hadir mendampingi Blasius Bapa dalam karya sosial karitatif, yang penuh pengorbanan materi dan waktu demi warga Maumere dalam peguyuban KBM Jaya pada setiap kondisi yang memerlukan keterlibatan KBM Jaya.

Menurut Petrus, ada  lima sukses utama mendiang Alfreda yang layak menjadi teladan bagi bagi generasi sekarang, yaitu pertama ia sukses mengantarkan Blasius Bapa dalam karya jurnalistik di masa Orde Baru, hingga berkarya di bidang politik, bukan di PDI saja tetapi juga di Partai Golkar serta karya sosial karitatif lainnya. (korneliusmoanita)

To Top