Peristiwa

Angkut 170 Ekor Ternak, Kapal Motor Tujuan Sulawesi Tenggelam

Suara Flores
Ilustrasi KAPAL TERBAKAR DAN TENGGELAM

NGADA, SUARAFLORES.NET – KM Wahyu Ilahi 02 yang memuat 170 ekor ternak dikabarkan tenggelam di perairan laut NTT. Peristiwa ini berawal dari ruang mesin kapal motor tersebut terbakar. Media ini berhasil merekam sejumlah informasi akurat dari satuan TNI, Kodim 1625 Ngada, Pulau Flores, NTT.

KM Wahyu Ilahi terbakar saat berlayar dari Teluk Ende menuju Pelabuhan Jeneponto Sulawesi Selatan, Kamis (30/08/2018) kurang lebih pukul 10.30 Wita. Tiba-tiba terlihat api yang datang dari arah luar dan melahap ruang mesin kapal. Para Anak Buah Kapal (ABK) langsung menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut.

Saat itu, ada KM Sejahtera IV tengah berlayar dan hendak melintas di sekitar lokasi kejadian. Kapal Motor  Sejahtera ini kemudian diketahui berangkat dari arah Dobo hendak menuju Pelabuhan PPI Probolinggo.

Kapten Kapal KM. Sejahtera IV lalu merubah haluan saat melihat kepulan asap yang menyelimuti KM Wahyu Ilahi 02. Sang Kapten KM Sejahtera melihat orang-orang mengapung. Sejumlah muatan KM Ilahi 02 berupa 170 ekor ternak ikut terapung.

Kapten Sejahtera bersama ABKnya bergegas melakukan evakuasi. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan menuju PPI Mayangan Probolinggo dan sekitar pukul 19.45 WIB KM. Sejahtera IV tiba di pelabuhan PPI Probolinggo.

Baca juga: PDAM Ruteng Diminta Perbaiki Instalasi Air di RSUD Ruteng

Dari data yang dihimpun wartawan, jumlah crew KM. Wahyu Ilahi 02 yang ditimpa musibah sebanyak 8 orang, jumlah penumpang sebanyak 13 orang dan muatan berbagai jenis ternak dengan total 170 ekor.

Data manifest kapal diketahui rincian ternak yang dimuat KM Wahyu Ilahi 02 yakni sapi 80 ekor, kuda 10 ekor, kerbau 10 ekor, kambing 70 ekor dan sepeda motor 1 unit. (red/aurel).

To Top