Kabar Alam

Atasi Sampah Plastik, Walikota Kupang Ajak Warga Pakai Kantong dan Tas Belanja

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore (*Foto: Poskupang)

KUPANG, SUARAFLORES.NET,–Masalah sampah plastik kini menjadi masalah global yang menarik perhatian berbagai negara di dunia. Untuk mengatasi sampah plastik, pemerintah melakukan berbagai upaya. Salah satunya lewat gerakan mengurangi sampah plastik dengan memakai kantong atau tas belanja yang dapat dipakai berulang-ulang.

Menyadari sampah plastik akan merusak ekosistem di Kota Kupang, secara khusus lingkungan sungai, laut dan lahan pertanian, maka Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore, MM, mengajak warga Kota Kupang mulai mengurangi sampah plastik dengan menggunakan tas atau kantong belanja. Pasalnya, jika masih terus menggunakan kantong plastik, maka akan menambah jumlah sampah yang akan merusak lingkungan karena sampah plastik tak bisa atau sulit terurai.

“Sampah plastik masih menjadi masalah global yang dialami hampir seluruh negara atau wilayah yang mengancam ekosistem lingkungan karena sulit terurai. Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan menggunakan tempat minum dan makan serta memakai kantong/tas belanja yang dapat dipakai berulang-ulang,” kata Jefri Kore saat melaunching Gerakan Kupang Hijau (GKH) di Kota Kupang, beberapa waktu lalu, seperti dilansir fajartimor.com.

Agar gerakan mengurangi sampah plastik ini diketahui secara luas dan dilakukan warga kota, Jefri Kore terus melakukan sosialisasi. Di antaranya dengan melakukan talk show dengan para tokoh agama termasuk melakukan road show ke gereja-gereja untuk menyampaikan gerakan ini.

“Bisa juga disampaikan lewat suara gembala, dan warta mimbar. Kita harapkan kota ini menjadi kota yang maju, bersih, indah dari hari ke hari,” kata Jefri.(*)

To Top