Kabar Alam

Bakti Sosial, KKBM Kupang Tanam Pohon untuk Bumi dan Manusia

Seorang anak dan seorang remaja putri KKBM Kupang sedang menanam pohon dalam kegiatan Bakti Sosial KKBM Peduli Lingkungan di Kawasan Jembatan Petuk. Kota Kupang, Senin (23/12/2019).

KUPANG, SUARAFLORES.NET,–Organisasi masyarakat Kerukunan Keluarga Besar Maumere (KKBM) Kupang melakukan penanaman pohon di Kawasan Jembatan Petuk, KM 40, Kota Kupang. Kegiatan penanaman pohon tersebut dimotori para pengurus muda KKBM ini dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota KKBM Kupang, termasuk anak-anak dan kaum remaja.

“Ya, kegiatan ini  bertujuan untuk menghijaukan alam. Ini sebagi bagian dari tanggungjawab kita sebagai manusia-manusia yang tinggal di Kota Kupang dalam menjaga kelestarian alam. Untuk itu, kami mengajak semua pengurus dan anggota KKBM untuk terlibat dalam aksi nyata penanaman berbagai jenis pohon di musim hujan ini. Selanjutnya, setelah ditanam anakan pohon-pohon itu menjadi perhatian kita untuk merawat dan menjaganya,” demikian kata Sekretaris KKBM Kupang, Fidelis Nogor, Senin (23/12/2019) kepada media.

Fidel menjelaskan, dalam aksi penanaman pohon perdana ini dilakukan penanaman kurang lebih 100 anakan. Sementara itu, mengenai jumlah peserta yang terlibat, sekitr 70-an orang yang adalah pengurus dan anggota KKBM Kupang.

Dikatakannya, selain Ketua KKBM, Theo da Cunha, hadir para pengurus, seperti Agus Bajo, Stef Stanis, Geradus Manyela,Leo Lelo, Frans Bata, Gusty Wodon, Hidelbertus Selly, Murniman Tensi, Maria Magdalena, Nona Feby, Jimmy Parera, Ivo Soda, Alfons Loran, dan lain-lain Selain itu, juga hadir para sesepuh KKBM, seperti Acry Deodatus, Niko Frans, dan Yasintus Sadu.

Pohon-pohon yang ditanam, terang pemimpin besar Majalah Fortuna ini, adalah anakan pohon Mahoni, pohon Sepe, Sengon, dan pohon Jati.

Dua orang warga KKBM sedang menanam pohon

Terpantau dari potret-potret kegiatan pagi ini, tampak para warga anggota KKBM sedang memulai aksi menanam pohon. Ada yang sedang menggali lubang, ada yang memegang jerigen air, dan ada yang menanam anakan pohon-pohon yang terlihat hijau.

Selain para orang tua, ada pula kaum remaja, juga anak-anak terlibat dalam aksi penanaman pohon di kawasan yang terkenal gersang itu. Mereka tampak semangat menggali lubang dengan linggis, mengeluarka tanah, menanam anakan pohon dan menyiramnya.

Ada pula sebuah baliho berwarna hijau dipajang di sekitar area penanaman anakan pohon. Baliho tersebut bertuliskan pesan yang aktual dan selaras alam, yaitu”Bakti Sosial Kerukunan Keluarga Besar Maumere. KKBM Peduli Lingkungan. Mari Menanam untuk Masa Depan Bumi dan Manusia.”

tiga orang warga KKBM sedang menanam pohon

Semangat menanam pohon ini sesuai dan selaras dengan program Walikota Kupang, Jeffry Riwu Kore yang sudah melaunching Gerakan Kupang Hijau (GKH) beberapa waktu lalu.  Sang Walikota Jerico mengajak dan menghimbau seluruh warga kota Kupang melestarikan alam melalui gerakan menanam pohon satu orang satu pohon di setiap lingkungan masing-masing.

“Mari kita hijaukan kota kupang dengan menanam pohon. Tidak terlalu berat dan susah karena satu orang hanya menanam satu pohon. Setelah menanam kita harus menyirami, merawatnya hingga tumbuh menjadi besar,” pinta Walikota Jerico saat  berdiskusi dengan media ini di rumahnya, beberapa pekan lalu. (korneliusmoanita)

To Top