Politika

Banyak Caleg Incumbent di Flotim Sulit Raup Suara Banyak

Kondisi jalan Jalan Trans Harubala-Lamanele yang rusak parah menuju kampung salah satu Caleg Incumbent Dapil Ile Boleng dan Adonara Timur,. Jalan buruk ini sebagai bukti ketidakmampuan caleg muka lama. (Roberth/SFN)

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,–Diprediksi banyak Calon Legislatif (Caleg) Incumbent yang bertarung merebut kursi DPRD Flotim kali ini sulit meraup suara signifikan saat pemungutan suara, Rabu, 17 April 2019.

Sebut saja, di Daerah Pemilihan (Dapil) Flotim 2 (Lewolema, Ile Mandiri dan Tanjung Bunga), Dapil Flotim 3 (Adonara Barat, Adonara Tengah dan Wotan Ulumado), Dapil 4 (Kelubagolit, Witihama dan Adonara), Dapil 5 (Ile Boleng dan Adonara Timur), juga Dapil 7 (Ile Bura, Wulanggitang, Titehena dan Demopagong).

Pantauan Suara Flores.Net, hingga, Kamis (16/04/2019) malam Pukul 22.41 Wita, peta politik terus berubah di lapangan, dimana ada Caleg Incumbent mulai mendapat hadangan serius dari Caleg-Caleg baru bersama Tim Kerjanya. Hadangan serius ini bisa terlihat dan terekam sangat kencang di Dapil Flotim 4 maupun 5.

Informasi yang berhasil disadap Suara Flores.Net, umumnya respons negatif akar rumput itu karena ada rasa jenuh dan bosan terhadap kinerja Caleg Incumbent selama ini di DPRD Flotim maupun rendahnya interaksi dan gaya komunikasi politik yang dilakukan.

“Jujur, kami sudah jenuh memilih Caleg muka lama. Apalagi, ada yang sudah 10 tahun hingga 15 tahun duduk di kursi Dewan. Tapi tidak pernah turun bertemu Kami rakyat di Desa. Lebih baik kami pilih orang baru yang lebih muda, jujur dan cerdas,”ujar Bento Ata Soge.

Hal yang sama diakui, Yonas Masang dan Herman Waimatan, warga Desa Bloto. Keduanya bahkan secara tegas nyatakan sikap siap memilih Caleg potensial yang berkomitmen kuat mendorong gerakan perubahan bersama para petani.

“Kami hanya mau memilih Caleg yang punya semangat baru memperjuangkan kebutuhan petani. Caleg muka lama kami tolak Pak. Apalagi, yang telah berlaku tidak adil dan hanya urus kepentingan pribadi serta tim suksesnya,”tohok Ama Herman, keras.

Demikian pula dengan sikap keras yang ditunjukkan Muhammad Mahruf, warga Desa Adonara. Ia secara tegas sampaikan untuk berperang total kalahkan Caleg wajah lama. Meskipun tak menyebut nama, namun Mahruf berani bilang untuk tidak mau lagi memilih Caleg yang selama ini tak punya banyak kontribusi bagi kesejahteraan rakyatnya.

“Iyah, sebagai pemilih Dapil Flotim 4, saya tegaskan jangan lagi pilih Caleg yang selama ini gagal jalankan amanat rakyat,”lapisnya, keras. Ia bahkan memprediksi jika sejumlah Caleg Incumbent DPRD Flotim, Dapil Adonara, Kelubagolit dan Witihama akan kehilangan kursinya.

“Analisis saya, dari 5 kursi yang diperebutkan hanya 2 Caleg Incumbent yang bertahan. Sedangkan, 3 Caleg lainnya akan tumbang,”tutupnya. (Roberth/SFN)

To Top