Kesehatan

Birawan Pacu Dana Desa 2019 untuk Kesehatan Ibu dan Anak

Kades Birawan, Tarsisius Buto Muda sedang jelaskan dana desa 2019 bidang Kesehatan Keselamatan Ibu dan Anak saat Bulan Posyandu Soga Lewo, Sabtu, 8/6/2019 Pagi. (RBT/SFN)

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,–Selain meningkatkan pembangunan di bidang infrastruktur dasar desa, seperti pembukaan jalan usaha tani, pembangunan satu lokal Gedung TKK, dan pembukaan lorong baru dalam desa, Desa Birawan Kecamatan Ile Bura tahun 2019 ini terus mengoptimalkan perhatian pada program keselamatan Ibu dan Anak. Total dana desa yang diplot sekitar Rp28 juta lebih.

Demikian penjelasan Kepala Desa Birawan, Tarsisius Buto Muda saat Bulan Posyandu Soga Lewo, Sabtu, 8 Juni 2019 lalu. Pagu dana desa 2019 senilai Rp28 juta lebih itu digunakan untuk beberapa kegiatan, diantaranya,  menyiapkan dana bagi makanan tambahan bayi dan balita, dana kampanye pekan keselamatan ibu dan anak, suplemen vitamin untuk anak kurang gizi, transportasi rujukan khusus untuk ibu hamil dan bayi balita yang harus ke Rumah Sakit Umum Daerah dr.Hendrikus Fernandez Larantuka, Transportasi USG Ibu Hamil ke RSUD Larantuka, Dan ada juga disiapkan Vaksin HbSAg khusus Ibu Hamil dan beberapa program lainnya, termasuk menaikan honor kader Posyandu dari sebelumnya Rp150.000 per bulan naik menjadi Rp200.000,” terang Asis Muda.

Sementara terkait Pekan Keselamatan Ibu dan Anak, orang nomor satu Desa Birawan ini meminta agar segera dilaksanakan diakhir Bulan Juni 2019. “Program ini juga sebagai action lanjutan dari Mantan Kadis Kesehatan Flotim, dr. Yos Usen Aman yang tidak ditindaklanjuti lagi hingga kini pasca pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Iyah, walau dananya kecil tapi manfaatnya besar bagi keselamatan ibu dan anak kita. Sehingga, mesti terus dikampanyekan,”sebut Tarsisius lagi.

Ia juga meminta kesediaan Bidan Koordinator (Bikor) Puskesmas Ile Bura, Sesilia Serly Kebo dan dukungan penuh Kepala Puskesmas Ile Bura serta stafnya berpartisipasi aktif dengan Ketua Kader Posyandu Soga Lewo, Vincensia Pedang Mukin dan para kader serta semua warga untuk menyukseskan kegiatan dimaksud.

Pada bagian lainnya, Kepala Desa Berprestasi Tingkat Nusa Tenggara Timur ini juga mengajak seluruh warga peserta posyandu agar segera mengurus dokumen Kartu Identitas Anaknya. “Saya kira, dengan adanya peningkatan status Posyandu Soga Lewo ke Tingkat Purnama, maka berbagai dokumen administrasi anak, termasuk Kartu Identitas Anak harus segera dituntaskan. Pastikan seluruh anak Desa Birawan wajib memilikinya,”pungkasnya semangat.

Sebagaimana disaksikan Suara Flores.Net, Bulan Posyandu Soga Lewo Desa Birawan kali ini agak sedikit berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, karena kali ini lebih banyak suami-suami siaga juga ikut hadir. Alhasil, terlihat sedikit memberi semangat baru bagi para ibu-ibu Kader Posyandu yang bertugas. Misalnya, saat Ketua Kader, Vincensia Mukin menginformasikan terkait naiknya status Posyandu Soga Lewo Birawan ke jenjang Purnama, terlihat lebih semangat dan tersenyum gembira.

Demikian juga, Bikor Puskesmas Ile Bura, Serly Kebo yang terus mengajak dan memacu semangat para orang tua untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Bayi Balitanya. “Walaupun saat ini musim pesta, tapi saya minta para orang tua agar tetap perhatian jam makan minumnya anak. Juga awasi jam tidur dan mainnya anak agar jangan jatuh sakit. Yah, saya harap Bulan ini semua anak dan Ibu hamil punya gizi baik. Meski mungkin ada yang turun karena tiba-tiba sakit,”pintanya.

Serly Kebo juga berharap keterlibatan aktif para suami setiap Bulan Posyandu terus ditingkatkan. Sekadar tahu saja, Posyandu Soga Lewo Birawan merupakan salah satu posyandu terbaik di Flotim. Bahkan, pernah wakili Flotim di tingkat Propinsi NTT. Secara fisik dan sarana prasarana masih standar, termasuk model gedungnya. Tapi, perawatan gedung, halamannya hingga inovasi kegiatannya cukup luar biasa. Tamannya pun terlihat asri dan sejuk. Ada pohon Kelor dan Toga (Tanaman Obat Keluarga) lainnya. (RBT/SFN)

To Top