Nusantara

Cegah Covid-19, Desa Manu Kuku Alokasikan Dana Desa Rp 75 Juta

Foto; kegiatan tim relawan desa saat penyemprotan disinfektan di rumah penduduk.

WAIKABUBAK, SUARAFLORES.NET,- Pemerintah Desa Manu Kuku mengalokasikan anggaran dana desanya tahun anggaran 2020 sebesar Rp. 75 juta. Pengalokasian anggaran ini bertujuan untuk membiayai segala kegiatan yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Desa Manu Kuku, Dominikus Buka pada Minggu (17/4) di Manu Kuku, mengemukakan, dukungan alokasi anggaran dana desa ini mengacu para perintah atau himbauan dari Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

“Dari Dinas PMD sudah memberikan rancangan anggaran untuk pencegahan Covid-19. Kami akan berupaya mengalokasikan anggaran dana desa untuk kegiatan ini namun tetap memperhatikan situasi atau kondisi di desa kami, “ujar Dominikus Buka, Kepala Desa Manu Kuku.

Dalam waktu dekat ini, kata Kepala Desa Manu Kuku, pihaknya akan melakukan perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) guna menyesuaikan dengan upaya pencegahan virus corona. Ditanya untuk kebutuhan apa saja yang akan dianggarkan bagi pencegahan corona, Kepala Desa Manu Kuku menerangkan, untuk pembiayaan biaya pengganti transport tim relawan desa, pembelian bahan disinfektan serta kebutuhan cuci tangan pakai sabun di setiap rumah penduduk, sekolah PAUD dan posyandu.

Kepala Desa Manu Kuku menghimbau kepada masyarakatnya untuk mendukung kegiatan tim relawan desa serta berpartisipasi dalam upaya pencegahan corona. Dengan terlibat bersama maka virus corona bisa dicegah. Dengan demikian masyarakat atau setiap warga akan hidup sehat dan sejahtera. Ditambahkannya pula, setiap warga diminta mengikuti setiap anjuran pemerintah seperti saat keluar rumah harus menggunakan masker, mengatur jarak saat duduk dan berdiri serta hindari kerumunan orang agar tidak terjangkit oleh virus yang mematikan tersebut. Selain itu ia juga menganjurkan agar setiap orang dan setiap rumah harus memula hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun, tidak merokok serta tidak membuang sampah plastik di sembarang tempat agar desa tetap bersih dan masyarakat hidup sehat.  (bkr/SFN) 

To Top