Infrastruktur

Diduga Rongga, Jalan Negara Ahmad Yani Kini Berlubang Lagi

Suara Flores

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Kondisi Jalan Ahmad Yani, Kota Maumere, Kabupaten Sikka di ruas Negara rupanya harus dibongkar. Setelah ditutup atau ditambal, ruas jalan tersebut kini berlubang lagi.

Ruas jalan yang terletak disebelah barat Kantor Bupati Sikka itu ditambal atau ditutup pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang di Maumere sebelum Natal 2018 lalu. Entah kenapa, ruas jalan negara Maumere – Larantuka itu berlubang lagi.

Disaksikan SUARAFLORES.NET, Kamis (10/01/2019) malam, ruas jalan yang terletak dekat Tugu Waning atau traffic lights itu kembali berlubang besar. Ada warga yang memberi tanda dengan memasukan ranting gamal pada lubang tersebut.

Pantauan SUARAFLORES.NET, kondisi lubang tersebut merambat dari titik yang pernah ditambal atau ditutup oleh para petugas dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maumere beberapa waktu. 

Dapat diduga, bagian bawah dari ruas jalan yang Ahmad Yani terdapat rongga yang mungkin tidak dilakukan pengerasan secara baik. Oleh karena itu, saat hujan berkepanjangan dan banjir secara terus menerus, titik tersebut berlubang seiring ramainya kendaraan, baik roda dua, roda empat dan roda enam yang melintas.

Baca juga: Waspada! Ada Lubang Besar di Sebelah Barat Kantor Bupati Sikka

Baca juga: Yusto Karwayu: DPRD adalah kader partai yang dipersiapkan untuk wakili rakyat

Baca juga: Mama Sia dan Mama Cua di Gubuk Tua

Sebelumnya, Agung selaku PPK 6.4 Maumere-Waerunu Balai Jalan Negara Kupang X mengatakan, pihaknya telah respon cepat untuk menambal titik yang lubang di Jalan Ahmad Yani. Langkah itu dilakukan petugas agar pengendara aman dan nyaman ketika berada di ruas tersebut.

“Sebenarnya bukan tanggungjawab kami. Itu tanggungjawab pihak pelaksana karena masih dalam masa pemeliharaan. Tapi kami sudah menutup atau menambal titik yang berlubang itu. Sekarang sudah dapat dilalui dengan aman dan nyaman,” kata Agung di ruang kerjanya, 13 Desember 2018 lalu.

Beberapa hari setelah ditambal, titik tersebut nampak cekungan dalam, dan kini berlubang lagi seiring ramainya lalulalang kendaraan di musim hujan.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga nyaris masuk ke dalam lubang Jalan Ahmad Yani. jalan tersebut terlihat berlubang pasca hujan lebat mengguyur Kota Maumere.

Pihak kepolisian sempat memasang rambu untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Namun rambu yang dipasang kepolisian tersebut, kini sudah tak kelihatan.

Warga pengendara yang melintas di Jalan Ahmad Yani harus ekstra hati-hati. Jika tidak hati-hati, warga bakal masuk ke dalam lubang yang terus melebar dan cukup dalam itu. Apalagi Kota Maumere masih terlihat sangat gelap pada malam hari, termasuk pada area jalan negara itu. (sfn02).

To Top