Edukasi

Dinas Pendidikan Bersama PSI dan STC Buat SOP New Normal Pendidikan

Suasana diskusi penyusunan SOP Pelaksanaan New Normal Pendidikan di Kabupaten Sumba Barat. Inzert Kepala Dinas Pendidikan, Sairo Umbu Awang, SE (Kanan) dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Yehuda Malorung, S.Pd (Kiri).

WAIKABUBAK, SUARAFLORES.NET,- Perkumpulan Stimulant Institute (PSI) partner Save the Children mengajak Dinas Pendidikan untuk menyiapkan sejumlah hal menyambut dimulainya tahun ajaran baru di bulan Juli 2020 mendatang. Tindakan persiapan harus dilakukan guna melindungi anak dan wabah sekolah dari wabah COVID-19.

Sebagaimana diketahui, pada Senin (15/6) lalu, Kemendikbud RI menyampaikan hasil keputusan bersama empat kementerian terkait “Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemik COVID-19”. Tindaklanjut dari keputusan bersama tersebut, maka pada Selasa (16/6) dan Kamis (18/6) lalu, PSI mengajak Dinas Pendidikan dan STC untuk berdiskusi persiapan tahun ajaran baru di Sekretariat PSI. Dalam diskusi yang berlangsung sekitar 5 jam ini akhirnya disepakati perlunya ada SOP atau standar operasional prosedur penyelenggaraan pembelajaran baik yang dilakukan di rumah secara luring maupun yang secara tatap muka dikelas. Adanya SOP bertujuan untuk melindungi anak, pendidik, tenaga kependidikan, pengawas, orang tua dan semua orang dari bahaya wabah COVID-19.

Pembahasan SOP New Normal Pendidikan yang dipandu oleh Silvester Nusa dari Save the Children ini, para peserta semuanya sepakat bahwa prinsip kesehatan dan keselamatan menjadi prinsip utama kegiatan pembelajaran secara luring maupun tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat, Sairo Umbu Awang, SE, sebelumnya ketika pihak PSI dan STC menemuinya di Kantor Dinas Pendidikan menyetujui perlunya melakukan sejumlah persiapan menyambut tahun ajaran baru agar hak anak untuk mendapatkan Pendidikan tetap terpenuhi namun tetap mematuhi semua protokol COVID-19. Kesepakatan ini lalu mengerucut pada agenda pembahasan SOP New Normal Pendidikan di Sekretariat PSI.

Ketika membahas SOP bersama para pengawas dan kepala bidang serta perwakilan Lembaga Mitra PSI dan STC serta Inovasi, Sekretaris Dinas Pendidikan, Yehuda Malorung, S.Pd, menyampaikan terima kasihnya kepada PSI dan STC yang sudah menginisiasi diskusi tersebut. Ia berharap agar sebelum tahun ajaran dimulai, SOP sudah final dan terdistribusi ke semua sekolah dan desa agar menjadi panduan atau pedoman dalam kegiatan pembelajaran luring maupun tatap muka. (bkr/SFN)

To Top