Ekbis

Disperindag Ende Serahkan Paket Benang untuk 69 Kelompok Tenun Ikat

Kelompok Ikat Tenun Saat Menerima Paket Benang dari Disperimdag Ende

SUARAFLORES.NET — Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ende Ir. Subhan Wanda menyerahkan langsung paket pengadaan benang tenun bagi kelompok tenun ikat di 3 ( tiga ) Desa, yakni Desa Jopu, Desa Mbuliwaralau Utara dan Desa Mbuliwaralau, Kecamatan Wolowaru. Bantuan tersebut diiterima langsung oleh masing – masing kelompok dan disaksikan langsung oleh Kepala Desanya di Kantor Disperindag Ende, Rabu (09/10/2019).

Paket Pengadaan Benang Tenun bagi kelompok masyarakat tahun 2019 melalui Tender di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ende tersebut dengan pagu dana sebesar RP 1 Milyar lebih ini diperuntukan bagi 69 kelompok masyarakat yang ada di 26 desa dan Kelurahan yang tersebar di 9 Kecamatan.

Di antaranya, Kecamatan Ende Tengah, Kelurahan Onekore sebanyak 10 kelompok dan Kelurahan Kelimutu sebanyak 1 kelompok. Kecamatan Ende Selatan, Kelurahan Tetandara sebanyak 4 kelompok, Kelurahan Rukun Lima sebanyak 3 kelompok, Kelurahan Paupanda sebanyak 1 kelompok dan Kelurahan Tanjung sebanyak 2 kelompok.

Kecamatan Ende Timur, Kelurahan Rewarangga dan Kelurahan Mautapaga masing-masing 1 kelompok, Kecamatan Ende Utara, Desa Borokanda 3 kelompok dan Kelurahan Kotaratu 1 kelompok Kecamat Ende, Desa Rukuramba dan Desa Riaraja masing-masing 1 kelompok.

Kecamatan Ndona, Desa Wolotopo Timur 3 kelompok dan Desa Wolotopo 2 kelompok.

Kecamatan Wolojita, Desa Nuamulu 2 kelompok, Desa Wiwipemo 3 kelompok, Desa Pora 2 kelompok, Desa Nggela 5 kelompok dan Desa Wolojita 3 kelompok.

Kecamatan Wolowaru, Desa Mbuliwaralau 4 kelompok, Desa Mbuliwaralau Utara 4 kelompok, Desa Jopu 4 kelompok, Desa Wolokoli 3 kelompok, Desa Tanalo’o 1 kelompok dan Desa Rindiwawo 2 kelompok serta Kecamatan Ndori, Desa Maubasa Barat 2 kelompok.

Kadis Perindag, Subhan Wanda disela-sela penyerahan bantuan benang kepada kelompok masyarakat didesa Jopu Kecamatan Wolowaru berharap agar bantuan benang tersebut dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya guna membantu ibu-ibu kelompok tenun untuk dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan anggota kelompoknya.

“Ini merupakan bentuk bantuan yang benar-benar harus dimanfaatkan guna meningkatkan pendapatan ibu-ibu kelompok tenun itu sendiri,” ungkap Subhan Wanda.

Sementara itu Sekertaris Kelompok tenun Mawar Desa Mbuliwaralau, Mama Mu’im Tua kepada wartawan mengatakan bahwa dengan bantuan benang dari Disperindag ini mereka mengaku senang. Mereka berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Ende dalam hal ini Disperindag.

Karena selain memberikan bantuan berupa benang kepada kelompok, Disperindag juga telah memberikan pelatihan-pelatihan kepada anggota kelompok tenun pada tahun 2017 lalu. (dami).

To Top