Ekbis

Flores Timur Harus Miliki Perda Penguatan Perikanan

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,–Belum optimalnya pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan di Kabupaten Flores Timur  berdampak pada rendahnya pendapatan asli daerah, konsumsi ikan yang kadang langka dan harga ikan yang mahal. Hal tersebut memancing reaksi nelayan Flores Timur Mereka meminta DPRD dan Pemda Flotim perlu mendorong dibuatnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Penguatan Perikanan di Flotim.

Hal ini disampaikan, Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Flotim, Lius Paru, saat ditemui Suara Flores.Net di Larantuka belum lama ini.  Menurutnya, perlu ada perhatian serius untuk mengelolah sumber perikanan dan kelautan di Flotim untuk memberikan manfaat bagi daerah, terutama pemenuhan kebutuhan ikan bagi masyarakat, menghidupi pasar ikan, para nelayan dan pengelolaan aset seperti PPI Amagarapati menjadi lebih baik.

“Sejauh ini, kami melihat belum ada upaya serius yang nyata. Urus laut tidak bisa hanya dengan memberi kapal kepada nelayan tanpa ada kerja sama yang jelas. Lalu, tidak memberikan manfaat langsung terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah,”pungkasnya.

Baca juga: Dukung KPK, Pimpinan Fraksi Keluarkan Surat untuk Anggota

Pihaknya, sangat mengharapkan ada ruang dialog bersama DPRD dan Pemda Flotim untuk merumuskan Perda Penguatan Perikanan Flotim. Perda itu termasuk mengatur zona penangkapan yang baik supaya saling menguntungkan para nelayan. Misalnya, zona bagi para nelayan Pole and Line, lalu nelayan dengan ukuran kapal 3 GT.

Kemudian zona Bagan dan Rumpon, termasuk bagaimana bantuan kapal dan alat tangkap kepada para nelayan juga harus jelas. Selain itu, lalu lintas perdagangan ikan di Flotim agar selalu menguntungkan daerah plus terpenuhinya kebutuhan ikan bagi masyarakat Flotim dengan harga yang relatif terjangkau.

Diberitakan sebelumnya, Lius meminta Pemerintah Kabupaten Flores Timur dibawah kendali Bupati-Wakil Bupati, Anton Gege Hadjon-Agust Payong Boli harus mengoptimalkan pemanfaatan PPI Amagarapati sebagai pusat pasar ikan di Flotim. Pasalnya, PPI Amagarapti menjadi central masuk keluarnya ikan serta salah satu titik pertumbuhan ekonomi di Flotim. (Roberth/SFN)

To Top