Edukasi

Fredy Isai Memudahkan Pelajar Belajar Bahasa Inggris

Suara Flores

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Sikka, Flores atas dilaunchingnya Aplikasi ExpressLingua (Aplikasi Belajar Bahasa Inggris) oleh PT. NeoSolusi yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sikka. Dengan dilanchingnya aplikasi tersebut, para pelajar lebih mudah untuk belajar bahasa inggris. Aplikasi ini menjawab kebutuhan generasi penerus menghadapi era digital yang mengharuskan masyarakat mampu menguasai bahasa dunia.

“Saat ini bahasa inggris bukan hanya penting, tapi sangat penting. Alasannya, dunia sudah semakin maju. Kebutuhan akan pekerjaan menuntut para pencari kerja memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris. Salah satu tuntuntan ini mendorong saya bersama teman-teman untuk membuat aplikasi ini dan melanching di Kabupaten Sikka,” ujar Fredy Isai selaku Pimpinan PT. NeoSolusi setelah launching Aplikasi ExpressLingua di Gedung Sikka Convention Centre (SCC), Jalan Ahmad Yani, Kota Maumere Senin (17/12/2018).

Fredy menjelaskan, menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi membuat perubahan signifikan terhadap kehidupan manusia. Dengan adanya kemajuan teknologi, ruang dan waktu sering kali tidak lagi menjadi hambatan bagi manusia. Banyak informasi dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Google dan Youtube menjadi begitu popular dengan kemudahan mengakses informasi dan menjawab hampir semua pertanyaan sehari-hari.

Baca juga: Mencermati Fenomena Mutu Pendidikan di NTT

Baca juga: Ekonomi dan Pendidikan Dua Faktor Serius Hadapi Masalah TKI

Indonesia, lanjut Fredy Isai, memiliki SDM melimpah, yang seringkali tidak memanfaatkan sumber daya digital yang tersedia karena beberapa kendala. Dua indikator keterpurukan SDM Indonesia adalah Human Development Index yang buruk dan sebagai Negara penyalur terbesar tenaga kerja tanpa skill yang memadai ke luar negeri. Tentunya hal ini berbahaya, khususnya bagi generasi muda dan generasi berikut pada era yang kita ketahui semakin kompetitif.

Untuk dapat mengambil manfaat dari sumber daya digital dan kesempatan tersebut, seseorang dituntut mampu berbahasa inggris dan juga memiliki motivasi yang kuat. Motivasi untuk belajar yang rajin agar mampu menghadapi perkembangan teknologi yang kian maju pesat dari waktu ke waktu.

Baca juga: Banyak Umat yang Miskin di Belakang Gereja yang Megah

Baca juga: Gubernur NTT dan Bupati Sikka Paparkan Jurus Masuk Surga

Oleh karena itu, Fredy dan teman-temannya hadir untuk memberi solusi melalui aplikasi ExpressLingua yang menampilkan cerita inspiratif yang membuat orang terus belajar. Cerita bersambung tersebut dibagi dalam dua bagian, yakni First Minute Revolution dan Open Energy.

“Aplikasi ini sangat mudah untuk kita belajar bahasa inggris. Kurang lebih enam bulan kita sudah lancar berbahasa inggris. Para pelajar dan masyarakat umum dapat menjangkau dengan mudah dan sangat murah. Semua petunjuk sudah disediakan dalam aplikasi yang kami beri nama ExpressLingua. Silakan Download aplikasi ExpressLingua versi tria di Play Store. Bagi yang sudah memilikinya, dia pasti penasaran dan ingin terus belajar,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan launching Aplikasi EpressLingua yang mengangkat tema ‘Dari Maumere untuk Indonesia’ ini dihadiri Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga dan Plt, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sikka, Patrisius Pederiku serta para guru bahasa ingris dari 12 SMP di Kabupaten Sikka. (sfn02).

To Top