Ekbis

Hand Traktor untuk Kelompok Tani Suka Maju

Suara Flores

ENDE, SUARAFLORES.NET — Kelompok Tani Suka Maju di RT004/RW002, Desa Nanganesa Kecamatan Ndona Kabupaten Ende, Jumat (04/01/2019) menerima 1 unit Hand Traktor dari Dinas Pertanian Kabupaten Ende. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh petugas petanian kepada Ketua Kelompok, Mayolus Bhato bersama anggota.

Menyaksikan penyerahan Hand Traktor tersebut, yakni Anggota DPRD Kabupaten Ende, Kadir Mosa Basa, Petugas Penyuluh Pertanian dari Kecamatan Ndona dan Anggota Babinkamtibmas Desa Nanganesa.

Ketua Kelompok Suka Maju, Mayolus Bhato bersama anggota mengaku bangga mendapat alat pertanian itu. Mereka juga berterima kasih kepada Anggota DPRD Kabupaten Ende, Kadir Mosa Basa.

“Melalui beliau, usulan kami ini dapat terjawab. Hand Traktor ini yang sangat kami butuhkan. Selama ini kami mengandalkan pacul untuk mengolah tanah. Sesekali kami menyewa Hand Traktor milik orang lain. Sekarang kami sudah miliki sendiri. Kebutuhan kami sudah dijawab Bapak Kadir Mosa Basa,” ungkap Mayolus Bhato kepada SuaraFlores.Net disela-sela kegiatan tersebut.

Baca juga: Diam-diam Kristo dan Honing Bergerak ke Senayan

Baca juga: Mengoreksi Hasil Seleksi KPU NTT atau Menerima Gugatan DKPP?

Sementara itu, Anggota DPRD, Kadir Mosa Basa kepada media ini mengatakan, penyerahan Hand Tracktor tersebut merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Ende. Pihaknya, menerima usulan kelompok, saat melakukan kunjungan kerja pada tahun 2018.

“Hari ini kami hadir untuk menyaksikan, apakah alat pertanian yang diserahkan kepada petani,  sesuai permintaan kelompok atau tidak. Kan kami melakukan fungsi kontrol. Bentuk, merek dan jenisnya alatnya kami harus cek. Jangan sampai mereknya abal-abal yang pada ahkirnya tidak bisa dimanfaatkan  masyarakat,” ujar Anggota DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.  

Dia berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya dan dapat meningkatkan hasil produktifitas pertanian. Ia berjanji akan membangun komunikasi dengan pemerintah agar para petani juga disediakan alat untuk penggemburan tanah atau cultifator. “Sebagai wakil rakyat, saya pasti terus perjuangkan kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Sudah banyak permintaan masyarakat saya fasilitasi. Belum lama ini masyarakat dusun Kelameta juga menerima bantuan ternak. Harapan saya, masyarakat petani atau peternak dapat mengelolahnya untuk peningkatan pendapatan atau keberlangsungan hidup,” harapnya. (dami).

To Top