Ekbis

Harga Sembako di Sikka Masih Stabil

Suara Flores
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Kabupaten Sikka, Yosef Benyamin,SH

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Selain bekerja keras dalam pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 atau Virus Corona, pemerintah daerah Kabupaten Sikka pun terus turun ke lapangan, memantau harga kebutuhan pokok warga di pasar-pasar. Langkah itu dilakukan pemerintah daerah melalui operasi pasar di pasar-pasar terbesar di Kabupaten Sikka. Setelah dilakukan pemantauan seminggu terakhir, harga kebutuhan pokok atau sembako di Kabupaten Sikka masih stabil.

Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Kabupaten Sikka, Yosef Benyamin, SH kepada Suara Flores saat melakukan operasi pasar di Maumere bersama petugas, Senin (30/3/2020) siang.

Operasi pasar, kata Benyamin, sesungguhnya merupakan tugas dinas yang rutin dilakukan pemantauan harga setiap hari. Dan perkembangan harga di lapangan dilaporkan kepada kepala dinas untuk disampaikan kepada instansi terkait.

“Hari ini kita lakukan operasi pengawasan dan pemeriksaan terhadap gudang-gudang agar tidak terjadi penimbunan sembako di distributor, termasuk permainan harga-harga barang. Sehingga pengendalian ketersediaan stok bahan pokok tetap aman. Tim kami setiap hari turun di pasar untuk melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok. Dan untuk harga kebutuhan bahan pokok sampai saat ini belum ada yang signifikan di pasar-pasar.,” ujar Benyamin.

Baca juga: Anggota DPRD Ende Gerakan Tim Cegah Covid-19

Baca juga: Pertamina Maumere Dukung Pemda Sikka Tangani Covid-19

Kepada wartawan, Benyamin mengaku bahwa aktifitas pasar dalam minggu pertama ini agak sepi tetapi tetap berjalan seperti biasanya. Ada yang datang berbelanja, ada yang datang berjualan.

“Kami menghimbau semua pihak, baik penjaga pasar, penjual dan pembeli agar tetap berjaga jarak dalam kaitan dengan aktifitas jual beli dengan tetap mengikuti syarat dan ketentuan yang disampaikan pemerintah. Kami juga menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa titik di pasar agar kita semua dapat terhindar dari virus yang mematikan itu,” ujarnya.

Terkait kebutuhan beras, Benyamin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak dolog untuk mengetahui stok beras dalam antisipasi Covid-19 agar kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi.

“Jadi sampai saat ini harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Sikka kami pastikan masih stabil,” tandasnya. (sfn02).

To Top