Peristiwa

Hari Ini Sertu Kritianus dan Serka Yonatan Bertemu KASAD di Mabes TNI

Suara Flores
Sersan Satu (Sertu) Kristianus Sina, Basub 2.2 Unit Intel Dim 1603/Sikka saat tiba di Bandara Sukarno Hatta

SUARAFLORES.NET – Hari ini, Kamis (23/8/2018), pukul 08:00 Wib, Sersan Satu (Sertu) Kristianus Sina, Basub 2.2 Unit Intel Dim 1603/Sikka dan Serka Yonatan Duil, Babinsa 1602-04/Detukeli, Kodim 1602/Ende bertemu Kepala Staf TNI AD (KASAD), Jendral TNI Mulyono M. Erwin Syafitri di Mabes TNI, Jakarta pusat. Sejak semalam, Rabu (22/8/2018) kedua Anggota TNI Angkatan Darat dari Pulau Flores ini telah mempersiapkan diri sebelum menghadiri undangan KASAD.

“Semalam kami menginap di Perwakilan Udayana. Pagi ini pukul 08:00 Wib kami berangkat ke Mabes TNI. Sekarang, kami sudah bersiap bertemu KASAD,” ujar Sertu Kristianus Sina, Anggota TNI Unit Intel Kodim 1603/Sikka kepada SuaraFlores.Net melalui pesan whatsappnya, Kamis (23/8/2018) pagi.

Sertu Kritianus Sina dan Serka Yonatan berangkat dari Pulau Flores melalui Bandar Udara Frans Seda, Maumere, Kabupaten Sikka menggunakan Lion Air, Rabu (22/8/2018) kurang lebih pukul 10:90 Wita. Keduanya tiba di Bandara Sukarno Hatta pada pukul 16:28 Wib setelah transit di Makasar pada puku 13:30 Wita.

Semalam, Sertu Kristianus dan Serka Yonatan nginap di Perwakilan Udayana. Mereka diminta merapihkan diri sebelum bertemu Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Mulyono M. Erwin Syafitri di Mabes TNI.

Suara Flores

(dari kiri) Sertu Kristianus Sina, Kepala Perwakilan Udayana, Mayor CPL Noto Prabowo dan Serka Yonatan Duil

Sebelumnya diberitakan bahwa kedua anggota TNI asal Pulau Flores ini diundang KASAD ke Jakarta. Keduanya (adalah) Penyelamat Merah Putih saat upacara penurunan bendera. Secara sponitas mereka memanjat tiang bendera pada  upacara penurunan bendera memperingati HUT RI 73 di Sikka dan Ende. Mereka memanjat tiang bendera dan membetulkan tali pengerek yang tersangkut di ujung tiang.

Baca juga: Sertu Kristianus Diundang KASAD ke Jakarta

Baca juga: Aksi Panjat Tiang Bendera Juga Terjadi di Daerah Sukarno Diasingkan

Aksi sponitas nan heroik kedua TNI AD ini mendapat simpati dari banyak pihak. Pemerintah daerah telah memberikan piagam penghargaan dan uang sesuai dengan kemampuan daerah yakni sebesar Rp1,5 juta. Di pihak lain, pimpinan TNI di masing-masing satuan yakni Komandan Kodim 1603 Sikka dan Komandan Kodim 1602/Ende pun telah menggelar apel penyerahan penghargaan kepada keduanya dan memberikan sedikit uang lelah.

“Sebagai Anggota TNI, ini merupakan aksi sponitas yang wajib dilakukan kapan saja. Setiap anggota harus sigap menghadapi kondisi apapun di lapangan demi Merah Putih dan demi rakyat secara umum. Saya bangga dan saya beri penghargaan melalui apel penyerahan penghargaan,” ujar Komandan Kodim 1603/Sikka, Letkol, Inf, Sugeng Prihatin, S.Sos., M.Sc., M.Tr.Hanla. (red/sfn02).

To Top