Infrastruktur

Imbas Ekonomi Jalan Bumi Indah di Pulau Adonara

Suara Flores
Manfaatkan Jalan PT. Bumi Indah, Orang Muda Desa Mangaaleng dibawah Koordinasi Marianus Mangu Tupen sedang membangun Usaha Pangkas Rambut, tempat Cuci Mobil, Pertamini dan Warung Kopi di Jalan Negara Trans Mangaaleng-Koli. (roberth)

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET — Badan jalan dengan tampak permukaan kuat, mulus, rata dan lebar yang dikerjakan PT. Bumi Indah di Pulau Adonara seperti terlihat di sejumlah titik di Pulau Adonara. General Managernya,  Stephanus Ola Demon, ST. MT berkomitmen menunjukkan kualitas pembangunan jalan yang berkualitas.

Hal itu diungkapkan oyang selalu disampaikan Stephanus Ola Demon ketika ditemui SuaraFlores.Net dalam beberapa kesempatan diskusi di lokasi pengerjaan fisik proyek. Disebutkan bahwa ruas jalan Adonara- Koli-Mangaaleng dan Botung-Baniona, kini membawa berkah dan imbas positif bagi warga di sekitar areal trans jalan ini. Tidak hanya itu, arus transportasi yang kian lancar, pembangunan ekonomi kreatif, termasuk dibidang olahraga pun mulai punya daya pikat.

Sebut saja, warga Desa Kolilanang yang baru saja sukses menyelenggarakan turnamen Bola Kakinya dengan meraup pendapatan diatas Rp.300 juta dari karcis masuk dan biaya parkir motor penonton. Pasalnya, Stadion Cendrawasih Kolilanang yang letaknya persis di mata jalan negara Trans Adonara-Koli-Mangaaleng-Hinga-Witihama-Waiwerang menarik simpati banyak orang  karena denga mudah dan cepat untuk datang menonton. Kendaran roda dua maupun roda empat meramaikan lalulintas wilayah itu.

Baca juga: Tahun Berahmat dan Bersejarah Bagi Masyarakat Sikka

Terlihat mereka sangat menikmati indahnya buah karya PT.Bumi Indah itu, terutama ketika berada di trans Koli-Mangaaleng. Banyak yang memilih berhenti di sepadan jalan semen dua meter itu untuk sekedar istirahat hingga berfoto selfi. Daya tarik trans inipun mulai dilirik orang muda Desa Mangaaleng yang kini sedang kebut membangun tempat cuci motor, mobil, pertamini dan pangkas rambut serta warung kopi dibawah koordinasi Marianus Mangu Tupen dan Petrus Ola Bali.

“Ini kami bangun rumah untuk bidang usaha pangkas rambut, cuci mobil dan motor, pertamini serta warung kopi,”ujar Mangu Tupen kepada SuaraFlores.Net saat disambangi Minggu, 23/09/2018, sore di lokasi kegiatan.

Ia juga sampaikan jika pihaknya akan mendapat bantuan dari Wakil Bupati Flotim, Agust Payong Boli, SH seperti perlengkapan pangkas rambut.

“Kami bangun usaha ini karena jalur ini makin ramai setiap hari setelah PT.Bumi Indah membangunnya,”tambahnya. Ia mengapresiasi tekad kuat PT.Bumi Indah untuk membangun sejumlah ruas jalan raya, baik yang didanai APBN, APBD Propinsi NTT dan APBD Flotim di Pulau Adonara dengan kualitas terbaik sejak beberapa tahun lalu dalam era kepemimpinan Gubernur Frans Lebu Raya dan Bupati Anton Hadjon. (roberth).

To Top