Politika

Jejak Politik Donatus David, Anak Petani Kemiri Yang Ditunjuk Megawati Jadi Ketua DPRD

Donatus David Saat Berpelukan dengan Mantan Ketua DPC Sikka Drs. Alexander Longginus

SUARAFLORES.NET—Politisi bernama lengkap Donatus David, SH, adalah pria kelahiran Kampung Nirangkliung, Desa Nirangkliung, Kecamatan Nita. Ia adalah putra dari pasangan petani kemiri yang hidup sederhana. Perjuangan keras pasangan petani kemiri itu, mengantar anak kelima dari lima bersaudara itu berjuang meraih masa depan di bangku pendidikan.

David menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di Detung Likong Desa Nirangkliung tahun 1980. Pada tahun 1983, ia menyelesaikan pendidikan pada SMPN Nita, Kecamatan Nita. Ia kemudian melanjutkan pendidikan pada SMAN 1 Maumere dan berhasil meraih ijasa pada 1986. Pada tahun 1992, ia berhasil meraih gelar Sarjana Hukum (SH) pada Universitas Katolik Widya Mandira (UNIKA) Kupang, NTT.

David kemudian masuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pada tahun 1998, ia dipercayakan sebagai Ketua Ranting PDI Perjuangan di Desa Nirangkliung. Pada tahun 2001 sampai dengan tahun 2010, ia diberi kepercayaan sebagai Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan untuk wilayah Kecamatan Nita.

Karier politik David terus meningkat. Pada tahun 2010 sampai 2019, ia menjadi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang yang diketuai oleh Drs. Alexander Longginus. Setelah melewati beberapa posisi penting di partai, ia kemudian dipercayakan menjadi Sekretaris partai untuk periode 2019 sampai dengan 2024.

Sebelumnya, selain di partai, ia juga giat menjalankan Program Pengembangan Kecamatan yang merupakan program Bappenas dari tahun 1999-2002. Setelah itu, ia bekerja pada Yayasan Kasimo tahun 2002 sampai 2005 dalam program pemberdayaan masyarakat. Dan pada tahun 2005 sampai 2012 kerja di Coremap.

Sebagai kader partai, David dipercayakan mengikuti berbagai kegiatan partai berlambang banteng moncong putih di tingkat nasional, yakni saat kongres di Bali tahun 2015 dan tahun 2019, rakornas rutin setiap tahun, konferda, konfercab dan kegiatan pembinaan kader di tingkat bawah. Berbagai kegiatan lain di internal partai pun ia terlibat aktif.

Pada tahun 2004, pria yang biasa dipanggil David ini, pertama kali mencalonkan diri untuk menjadi Anggota DPRD Sikka periode 2004-2009. Saat itu, David berada di nomor urut lima dan meraih 2.971 suara, namun tidak berhasil ditetapkan menjadi anggota karena aturan sistim setengah terbuka. Dan pada saat itu, Dapil Kecamatan Nita, Magepanda, Paga, Mego dan Tanawawo berhasil meraih tiga kursi, yaitu caleg nomor urut 1, 2, dan 3.

Periode berikutnya, yakni 2019-2024, anak petani kemiri ini mengundurkan diri dari daftar pencalonan karena Ketua DPC PDI Perjuang Kabupaten Sikka, Drs Alexander Longinus maju dari dapil yang sama. Namun demikian, sebagai kader, ia tetap bekerja keras dan diberi kepercayaan.

Periode 2014-2019, ia kembali maju dari Dapil Sikka 2 pada nomor dua, dan berhasil mengantongi 1.553 suara. DPC PDI Perjuangan langsung memberi kepercayaan kepadanya menjabat posisi Wakil Ketua DPRD Sikka.

Pada pemilu legislatif 2019, Donatus David kembali mencalonkan diri dengan nomor urut satu pada Dapil Sikka 4. Perolehan suara pada pertarungan yang ketiga ini naik dibandingkan pada periode 2014-2019. Ia meraih 1.942 suara, kemudian ditetapkan dan dilantik menjadi Anggota DPRD Sikka untuk periode 2019-2024.

Beberapa waktu, setelah ditetapkan dan dilantik menjadi Anggota DPRD Sikka periode kedua, Donatus David dan rekannya Stef Sumandi, S. Fil diudang DPP untuk mengikuti Fit and Proper Test. Keduanya terbang ke DPP sehari setelah pelantikan.

Seminggu berselang, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri menunjuk Donatus David, SH, putra bungsu dari pasangan petani kemiri Nirangkliung menjadi Ketua DPRD Kabupaten Sikka periode 2019-2024.
Kepercayaan itu diberikan Megawati kepada Donatus David, kader PDIP Kabupaten Sikka melalui penyerahan Surat Keputusan (SK) Nomor 474/IN/DPP/IX/2019 oleh Wakil Sekretaris DPD PDIP NTT Eman Kolfidus. SK penetapan tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum Megawati Sukarno Putri dan Sekretaris Jendral DPP Hasto Kristianto.

Stef Sumandi, S.Fil Bersama Yoseph Karmianto Eri, S.Fil

Proses penyerahan SK berlangsung di Kantor DPC PDIP Sikka, Sabtu (14/9/2019) pukul 12:00 Wita dan disaksikan pengurus DPC, PAC serta sejumlah simpatisan partai berlambang banteng moncong putih itu. Wakil Sekretaris DPD PDIP NTT Eman Kolfidus pada kesempatan itu berharap agar kepercayaan yang diberikan oleh partai harus dijaga dan dirawat untuk kebesaran partai dan masyarakat Kabupaten Sikka. Ia menyampaikan apresiasi atas kerja besar pengurus DPC hingga ranting sehingga mendapat kepercayaan yang luar biasa dari masyarakat.

“Kita berharap agar Ketua DPRD Sikka yang baru dapat membangun komunikasi politik yang baik bersama semua partai di DPRD Sikka untuk membangun daerah bersama pemerintah. Ini tugas besar dan harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Peristiwa bahagia ini sekaligus tugas berat yang harus dipikul bersama-sama. Saya sampaikan selamat dan selamat berkarya untuk Sikka Maju dan Bahagia bersama pemerintah dan seluruh Anggota DPRD Sikka,” ujar Eman, (14/9) siang.

Kurang lebih sebulan pasca penetapan oleh DPP PDIP, Donatus David dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Maumere menjadi Ketua DPRD Sikka divenitif. Politisi rendah hati ini dilantik bersama 2 Wakil Ketua DPRD Sikka, yakni Yoseph Karmianto Eri dari PKB dan Gorginius Nago Bapa dari Golkar.

David kepada Suara Flores menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sikka yang telah memberikan kepercayaan kepada PDIP Kabupaten Sikka. Bahwa atas dukungan masyarakat Nian Sikka Tanah Alok pada Pemilihan Umum Legislatif 2019, PDIP keluar sebagai pemenang, meraih kursi terbanyak dan memimpin DPRD Sikka.

“Sebagai politisi PDIP tentu bangga dan sangat terharu atas prestasi ini Sesungguhnya, ini adalah prestasi yang ditunjukan oleh rakyat Kabupaten Sikka melalui Pemilu. Mari kita bergotong-royong untuk Sikka Moret Epan (Sikka Bahagia). Terima kasih untuk semua yang telah berjuang bersama. Kita harus terus berjuang untuk kemajuan kita bersama,” ujar Mantan Ketua Ranting PDI Perjuangan Desa Nirangkliung tahun 1998 itu usai pelantikan. (Tabloid Suara Flores/sfn02).

To Top