Kesehatan

Jika Lockdown, Mekeng Minta Kepala Daerah Perhatikan Kebutuhan Dasar Warga

Ilustrasi Virus Corona

MAUMERE, SUARAFLORES.NET–Wabah Virus Corona atau Covid-19 kian meluas hingga di beberapa wilayah di Indonesia. Puluhan pasien dinyatakan meninggal dunia dan ratusan dirawat.

Menghadapi kondisi ini, pemerintah berjuang keras untuk mengobati para korban dan mencegah meluasnya Virus Covid-19 ke pelosok daerah.

Di Nusa Tenggara Timur hingga saat ini memang belum ada warga yang terinfeksi virus mematikan itu, walau banyak orang masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP). Namun, perlu ada antisipasi dan pencegahan yang ketat. Karena virus tersebut menular sangat cepat dan mematikan.

Beberapa daerah atau kabupaten telah mengusulkan untuk menutup sementara arus transportasi udara dan laut.

Selain Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pemerintah Kabupaten Sikka pun telah mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk menutup bandara dan pelabuhan laut.

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI dari Partai Golkar meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan anggaran khusus untuk menghadapi Virus Corona. Baik untuk pelayanan kesehatan, anggaran tersebut dimanfaatkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

“Listrik, kebutuhan makan dan minum. Semua harus disiapkan. Kalau saja sampai tingkat Lockdown, maka semua itu harus disiapkan pemerintah,” ujar Mekeng.

Mekeng meminta agar masyarakat tidak perlu takut berlebihan, tapi tetap waspada. Masyarakat penting mengikuti himbauan pemerintah. Bahwa untuk saat ini, semua warga bekerja dari rumah, belajar di rumah dan berdoa di rumah.

“Ikuti saja petunjuk-petunjuk yang diberikan pemerintah. Saya minta semua masyarakat di NTT jaga diri masing-masing dengan mengindahkan petunjuk yang diberikan pemerintah,” tandas Mekeng. (sfn02)

To Top