Edukasi

Kades Birawan Flotim Jadi Pembicara Utama Forum Ende Layak Anak

Kepala Desa Birawan Ile Bura Flores Timur, Tarsisius Buto Muda.(Robert/sfn)

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,–Sebagai Desa Layak Anak di NTT, Kepala Desa Birawan Ile Bura Flores Timur, Tarsisius Buto Muda didaulat sebagai pembicara utama pada Forum Kabupaten Ende Layak Anak yang diprakarsai Wahana Visi Indonesia (WVI) AP Ende besutan Parulian H.Butarbutar. Kegiatan ini berlangsung dari 14-16 Januari 2016 di Hotel Flores Mandiri, dan melibatkan 8 kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Materi yang dibawakan Tarsisius Buto Muda, antara lainnya tentang Profil Desa Birawan Sebagai Desa Layak Anak, Draf Perdes Perlindungan Anak, Pembuatan Draf Gugus Tugas dan SK Gugus Tugas serta Praktek Musrengbang Melibatkan Anak. Azis Buto Muda saat menghubungi Suara Flores.Net, Minggu, (13/01/2019) mengaku bangga menjadi pembicara utamanya bersama Bappeda, BPMD, Dinas Sosial, P3A dan Kepala Bagian Hukum Setda Ende.

“Iyah, saya kaget saat diundang sebagai narasumber utama membawakan materi tentang desa layak anak ini. Apalagi bicara di Ende. Hal yang tidak pernah dibayangkan sedikit pun bakal terjadi,”ujarnya.

Baca juga: Petrus Selestinus, Pengacara Sepatu Miring yang Dibenci Koruptor

Baca juga: Yuston Karwayu: DPRD adalah kader partai yang dipersiapkan wakili rakyat

Dikatakan, Birawan sendiri sejak tahun 2015 menjadi Pilot Project Desa Layak Anak di NTT.  “Di Desa Kami perhatian terhadap anak-anak mendapat porsi yang sangat besar. Anak-anak adalah harapan bagj kemajuan desa dana bangsa,”seraya menambahkan bahwa pada tahun 2017, Birawan juga dideklarasikan sebagai desa ramah anak. Deklarasi ini dihadiri Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli,SH.

Ia berharap kegiatannya berjalan lancar dan sukses. Pihak WVI AP Ende melalui Managernya, Parulian H.Butarbutar menjelaskan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari pendampingan WVI untuk mewujudkan Kabupaten Ende Layak Anak. (Roberth/SFN)

To Top