Nusantara

Kepala Desa Bali Ledo Siapkan Anggaran Untuk Jalankan PAUD HI

Kepala Desa Bali Ledo, Lukas L. Kadauki, sedang menyerahkan Perdes PAUD HI kepada Sekretaris Desa untuk diundangkan. Insert; Kepala Desa.

WAIKABUBAK, SUARAFLORES.NET,- Kepala Desa Bali Ledo, Lukas L. Kadauki, menjamin pelaksanaan kegiatan pengembangan anak usia dini holistik integratif atau PAUD HI dengan penyediaan anggaran yang cukup. Dukungan anggaran sangat penting untuk memastikan terlaksananya layanan kesehatan dan gizi, layanan Pendidikan, layanan pengasuhan dan layanan perlindungan anak.

Kepastian penyediaan anggaran dana desa untuk penyelenggaraan PAUD HI diungkapkan Kepala Desa Bali Ledo usai menanda-tangani Peraturan Desa (Perdes) PAUD HI pada Rabu (20/11) lalu. Penandatanganan perdes ini dilakukan dalam sebuah rapat paripurna Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bali Ledo dengan agenda penetapan rancangan perdes menjadi Perdes PAUD HI.

Kepala Desa Bali Ledo, Lukas L. Kadauki, menyatakan, ketersediaan anggaran itu sangat penting untuk menjamin agar setiap layanan PAUD HI bisa berjalan maksimal. Melalui PAUD HI, kita bisa secara perlahan memenuhi setiap kebutuhan hak anak terkait kesehatan dan gizi dan sebagainya.

Berbicara di hadapan anggota BPD dan masyarakat di kantor desanya, Kepala Desa Bali Ledo, di awal sambutannya mengajak semua pihak untuk meneguhkan semangat para pendiri bangsa kita, bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta, bukan hanya Pulau Jawa. Tetapi, Indonesia adalah seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Karena itulah pembangunan yang kita lakukan harus terus Indonesia sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok nusantara termasuk kita semua yang berada di Desa Bali Ledo ini, dan hari ini kita buktikan dan kita tunjukan kepada Indonesia bahwa kita mampu menyusun dan menetapkan Perdes PAUD HI.

Kecepatan kita dalam meraih cita-cita Anak Sumba yang Sehat, Cerdas, Terlindungi dan Mendapatkan Pendidikan yang Berkualitas, kata Kepala Desa Bali Ledo, adalah peran kita bersama. Untuk mewujudkan ini, ada peran kepala desa dan apparat desa semuanya, peran BPD, peran kader posyandu, peran taman pawoda desa, peran pengelola dan pendidik PAUD, peran TP PKK serta semua masyarakat.

“Saya yakin jika kita sepakat dengan satu visi Desa Bali Ledo Maju maka kita akan mampu melakukan lompatan kemajuan, lompatan untuk mendahului kemajuan desa-desa lain. Sebagai Kepala Desa yang dimandatkan konstitusi, saya mengajak kita semua untuk optimis dan kerja keras. Sayalah yang memimpin lompatan kemajuan kita bersama yang dimulai dengan gerakan bersama menyelenggarakan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) ini, “ujarnya.

Dikatakannya, saat ini kita berada dalam dunia baru dunia yang jauh berbeda dibanding era sebelumnya. Era globalisasi ini terus bergerak karena itu kita harus juga bergerak dan tergerak hati untuk membangun Desa Bali Ledo. Salah satu hal paling mendasar adalah perlunya kita membangun dimulai dari pengembangan anak usia dini karena merekalah yang empunya dan calon pemimpin hebat di masa depan. Anak usia dini harus kita pastikan tumbuh kembangnya sehat baik jasmani maupun Rohani, perkembangannya harus sesuai usianya dengan cara kita memberikan stimulasi yang cukup serta memberikan perlindungan anak yang maksimal agar terhindar dari segala bentuk kekerasan. Kita juga diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif agar anak bisa bermain dan belajar.

Lebih lanjut dikatakan Kepala Desa Bali Ledo, di era globalisasi saat ini, tantangan orang tua dalam mendidik anak semakin berat. oleh karena itu kita harus memberikan lingkungan sosial yang nyaman, lingkungan pendidikan dan dasar pergaulan yang baik bagi anak-anak, dengan cara memberikan kesempatan berkreativitas untuk dapat tumbuh berkembang dalam menyongsong masa depan yang cerah bagi kehidupan bangsa.

Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi, kata Kepala Desa Bali Ledo, tentunya merupakan harapan bagi semua orang tua. maka pengembangan kreativitas sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini, karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam aspek-aspek perkembangan anak usia dini. apabila kreativitas anak tidak dikembangkan sejak dini maka kemampuan kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir anak kurang berkembang.

Kepala Desa Bali Ledo, Lukas L. Kadauki, menambahkan, melalui ajang Rapat Paripurna ini, kiranya menyadarkan kita semua bahwa kemajuan pembangunan itu sangat ditentukan oleh seberapa besar dukungan kita semua dalam pengembangan anak usia dini karena anak usia dini yang ada saat ini adalah para calon orang hebat dan calon pemimpin hebat 20 tahun mendatang.

“Karena itu saya ajak kita semua harus bisa memastikan semua hak anak terpenuhi agar bisa tumbuh dan berkembang. Kita harus pastikan ibu hamil dan anak usia dini tidak kurang gizi. Mereka harus terpenuhi kecukupan gizi dan stimulasinya. Saya minta semua dusun agar ada kegiatan Bina Keluarga Balita atau BKB dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan remaja agar pencegahan stunting kita mulai dari remaja, ibu hamil, anak usia dini, “pintanya.

Ditambahkannya, dengan tidak mengurangi rasa hormat, ia mengajak kepada warganya untuk bisa satukan niat dan tekad, menghadirkan perubahan nyata, dalam meningkatkan kepedulian dan kemajuan Desa Bali Ledo melalui peningkatan kualitas dan layanan pendidikan anak usia dini.

“Sebagai kepala desa, saya dan semua apparat pemerintah desa berkomitmen penuh mendukung PAUD HI melalui penyediaan program dan dukungan anggaran yang maksimal untuk PAUD HI, “tegasnya.

Pembangunan sumber daya manusia melalui PAUD HI, jelas Kepala Desa Bali Ledo, merupakan salah satu program prioritas pemerintah kabupaten dan pemerintah desa. Pemerintah Desa Bali Ledo akan berupaya semaksimal mungkin mendukung dengan anggaran untuk penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, bantuan sarana pendidikan, bantuan opersional, bantuan alat bermain, serta peningkatan kualitas tenaga pendidik, juga dengan ditetapkannya Perdes PAUD HI ini adalah bukti kesungguhan pemerintah desa, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, melalui peningkatan pembangunan di bidang pendidikan.“Saya berharap dengan ditetapkannya Perdes PAUD HI ini, kita semakin bersemangat dan mau melaksanakan kegiatan posyandu, kegiatan BKB, kegiatan PAUD dan berbagai kegiatan perlindungan anak. Untuk mendukung hal ini, sebagai kepala desa, saya akan menerbitkan SK Kepala Desa tentang Pembentukan Taman Pawoda Desa Bali Ledo. Para Pengurus Taman Pawoda Desa nantinya akan melakukan sosialisasi Perdes PAUD HI di setiap dusun dan memantau pelaksanaan PAUD HI secara rutin, “ujarnya.  (bkr/SFN)

To Top