Politika

Komisioner KPU Sikka yang Baru, Siapa Saja ?

Suara Flores

KUPANG, SUARAFLORES.NET – Masa jabatan komisioner KPU Kabupaten Sikka periode 2014-2019 akan segera berakhir pada 1 Februari 2019 mendatang. Proses seleksi untuk pergantian komisioner KPU pun telah memasuki 10 besar. Tim Zona Tiga telah menyerahkan dokumen 10 besar ke KPU RI pada Desember 2018 lalu. Kini masyarakat Kabupaten Sikka menanti lima komisioner KPU Sikka yang baru. Siapa saja anggota komisioner KPU yang baru nanti?

Data yang dihimpun SuaraFlores.Net, ke 10 besar calon anggota KPU Sikka terdiri dari wajah lama dan wajah baru. Mereka adalah Alfons Sero, C.T. Rikcy Mane Pareira, Elsy Puspasari Kusuma Putri, Herimanto, Jupri, Maria Nona Ince, Servandus Conterius Paji Pesa, Yohanes Crisostomus Feri, Yuldensia Theresia Hesty, Yohanes Gewar.

Adapun anggota KPU yang lama (wajah lama,red) periode 2014-2019, yakni Elsy Puspasari Kusuma Putri saat ini yang membidangi Divisi Logistik, Keuangan dan Umum. Jupri yang membidangi Divisi Teknis dan Yohanes Crisostomus Feri yang membidangi Divisi SDM,  Parmas dan Kampanye merangkap Juru Bicara (Jubir,red).

Sedangkan, C.T Ricky Mane Pareira pernah menjadi Anggota KPU Sikka periode 2008-2013, dan Alfons Sero sebelumnya pernah menjabat Ketua Panwas Pilkada 2013 dan  Panwas Pileg serta Pilpres 2014.  

Baca juga: Lawan Aturan, KPU RI Didesak Berhentikan Timsel KPU Provinsi NTT

Baca juga: Herman Hery: Jika ada mafia seleksi KPU NTT dibongkar saja !

Baca juga: Mengapa KPU RI Ambil Alih Tugas dan Kewenangan KPU NTT?

Ada pula wajah baru, yakni Herimanto yang pernah menjadi Ketua GMNI Cabang Sikka, Maria Nona Ince yang saat ini sebagai Ketua PPK Kecamatan Hewokloang, Servandus Conterius Paji Pesa yang pernah menjadi Ketua PMKRI Cabang Maumere, Yuldensia Theresia Hesty dan Yohanes Gewar.

Ketua Tim Zona Tiga, Khalid K. Moenardy ketika dikonfirmasi SuaraFlores.Net mengatakan, Tim Zona Tiga telah melaksanakan berbagai tahapan dari seleksi administrasi hingga penetapan 10 besar. Kini, pihaknya sedang menanti jadwal dari KPU RI untuk pelaksanaan Fit and Proper Test yang mungkin dilaksanakan di Kota Kupang. Hasil Fit and Proper Test, kata dia, akan dikirim ke KPU RI dan selanjutnya KPU RI menetapkan lima orang Anggota KPU Kabupaten Sikka definitif periode 2019-2024 ditetapkan.

“Tugas kami melakukan tahapan seleksi mulai pendaftaran administrasi, pembobotan berdasarkan ijasa, berdasarkan pengalaman kepemiluan dan test psikologi, semuanya sudah selesai. Tahapan Fit and Proper Test yang menjadi kewenangan KPU RI akan dilaksanakan di Jakarta atau mungkin di Kota Kupang. Kita tunggu saja jadwal dan tempat pelaksanaan dari KPU RI,” ujar Ketua Tim Zona Tiga yang mencakup Kota Kupang, Kabupaten Sikka, Kabupaten Ngada dan Kabupaten Nagekeo belum lama ini.

Dalam Fit and Proper Test tersebut, lanjut Khalib, akan dilakukan test terkait integritas, pengalaman kepemiluan, penguasaan sistim politik dan wawasan kebangsaan. Pelaksanaan Fit dan Proper Test ini diperkirakan dalam waktu yang tidak lama.

“Kita berharap agar proses ini dapat berjalan lancar, aman dan damai. Semua proses keputusan menjadi kewenangan KPU RI,” tandasnya. (sfn02).

To Top