Budpar

Koramil Gelar Festival Budaya Khas Adonara 40 Hari, Wabup Flotim Apresiasi, Langung Jadi Kalender Pariwisata

Wabup Flotim Agust Payong Boli,SH sedang menyerahkan hadiah pemenang lomba pada ajang Festival Seni Budaya Lokal Khas Adonara, Meriah HUT TNI ke 74 di MAKORAMIL 1624-02 Adonara, di Kota Waiwerang, Sabtu, 16/11/2019).

LARANTUKA,SUARAFLORES.NET,- Festival Budaya Adonara dan Panggung Hiburan dalam memeriahkan HUT TNI ke 74 berjalan sukes selama 40 hari. Perhelatan yang digelar Komando Rayon Militer (KORAMIL) 1624-02 Adonara, dibawah garis komando Mayor Inf. Ignasius Hali Sogen,SE bersama Komunitas Pemuda Peduli Adonara Sejati (KOMPPARASI) mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten FLores Timur (Flotim)

Pelaksanaan ivent pertama dan terbesar tersebut kemudian oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Flotim dijadikan kalender pariwiata Flotim. Demikian hal ini disampaikan Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli,SH saat memberikan sambutan penutupan event ini, Sabtu, (16/11/2019) lalu.

Agus Boli dihadapan 6.000 an warga yang memadati lapangan Markas KORAMIL 1624-02 Adonara, secara tegas menyatakan, Pemerintah Kabupaten Flotim perlu memberi apresiasi yang luar biasa atas event ini dan menetapkannya sebagai event tetap tahunan dalam kalender Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Menurutnya, Pemerintah patut bangga atas karya besar yang dilakukan TNI KORAMIL 1624-02 Adonara dan KOMPPARASI. Apalagi, event sebesar ini mampu dihelat selama 40 hari sejak 5 Oktober dengan sangat aman dan damai, tanpa keributan sedikitpun.

Dikatakannya, ivent ini mesti menjadi catatan positif agar sebagai event tetap tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, sekaligus contoh bagi event-event lainnya.

“Saya kira, apa yang dilakukan Jajaran TNI Koramil 1624-02 Adonara dibawah garis komando Mayor Inf. Ignasius Hali Sogen,SE bersama KOMPPARASI menjadi contoh luar biasa dan motivasi besar bagi komunitas masyarakat lainnya, termasuk kecamatan dan desa agar berani menggelar eventnya,”tegasnya penuh semangat.

Dari atas panggung utama Panitia yang ditata begitu apik dengan pesan kuatnya, BERSAMA TNI, DARI KITA, OLEH KITA & UNTUK KITA, Pemimpin muda Lewotanah ini bahkan mengajak seluruh warga untuk mendukung event ini. 

Pasalnya, sebut Agus Boli, yang malam itu tampil luar biasa dengan balutan kemeja putih lengan panjangnya diterangi kelap-kelip lampu panggung yang kuat sorot, dengan melibatkan unsur TNI dalam setiap event pembangunan, pasti berjalan lancar, aman dan sukses.

Mewakili Bupati Anton Hadjon, Wabup Agust Boli lebih jauh menegaskan, bukan hanya memasukan event ini ke dalam kalender tetap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai agenda tetap tahunan, namun Pemerintah Kabupaten Flotim pun memberi ruang bagi TNI Koramil 1624-02 Adonara terlibat dalam berbagai bidang pembangunan lainnya. 
Termasuk membantu pengelolaan Pasar Rakyat Waiwerang dan Rumah Sakit Adonara agar lebih tertib dan aman untuk dimanfaatkan.

Danramil 1624-02 Adonara, Mayor Inf. Ignasius Hali Sogen,SE dan Tim KOMPPARASI menyambut baik keputusan Pemerintah Kabupaten Flotim tersebut.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan ini. Tentu, masih banyak hal yang harus Kami benahi kedepan untuk event selanjutnya pada tahun-tahun mendatang. Kami sangat senang dengan dukungan dan partisipasi pemerintah, dalam hal ini Bapak Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur, DPRD Flotim, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ibu Apolonia Corebima yang rela hadir dua kali, yakni pada malam lomba dan penutupan ini, serta dukungan Camat, Lurah Waiwerang dan Kepala Desa dan berbagai elemen masyarakat lainnya,”ujarnya merendah saat memberikan sambutannya.

Ignasius Sogen, Putera Lewotala, yang sudah 1 tahun 10 bulan memegang tongkat komando Koramil 1624-02 Adonara, bahkan nyatakan siap membuka diri bekerjasama dengan siapapun dan membantu pemerintah dalam membangun Adonara ke depan, termasuk pengelolaan berbagai obyek pariwisata, program dan kegiatan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan bidang lainnya.

Sementara itu, dukungan yang sama juga disampaikan Anggota yang juga merangkap Wakil Ketua Komisi C DPRD Flotim, Drs.Muhidin DS.Tokan,SH ketika memberikan sambutannya.  Muhidin Demon Sabon bahkan secara tegas nyatakan, siap mendukung penuh berbagai agenda kegiatan Koramil 1624-02 Adonara dan KOMPPARASI ke depan.

“Selaku wakil rakyat, Kami siap mendukung program dan kegiatan Koramil 1624-02 Adonara dan KOMPPARASI kedepan, termasuk Keputusan Pemerintah Daerah memasukan event ini masuk dalam kalender tetap tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Saya kira, ini sebuah langkah pemerintah daerah yang tepat dalam rangka menumbuh kembangkan berbagai potensi seni budaya lokal khas Adonara. Termasuk, melibatkan unsur TNI Koramil 1624-02 Adonara dan KOMPPARASI dalam berbagai bidang pembangunan lainnya,”sebut Muhidin Demon Sabon.

Muhidin pada event kali ini datang ditemani Dua Anggota DPRD Flotim asal Dapil Adonara yakni Muhammad Ikram Ratuloli, dari Fraksi PAN dan Abdul Wahab Saleh, Fraksi Partai NasDem.

Pantauan media, hingga malam puncak penutupan event ini, Sabtu, 16/11/2019, Malam yang ditutup secara resmi Wakil Bupati Flotim, Agust Payong Boli, yang datang bersama Kadis Pariwisata dan Kebudyaaan, Apolonia Corebima, sungguh luar biasa. 

Ditambah kehadiran beberapa Camat di Pulau Adonara seperti Camat Wotan Ulumado, Silvester Kopong,M.Si, Camat Witihama Laurensius Lebu Raya,SH, Camat Kelubagolit Lambert Ulin Tokan,SE dan Camat Adonara Ariston Laot Kolot, dan beberapa Kepala Desa dan Tokoh masyarakat.
Tak kurang dari 6.000 an warga datang memadati halaman MAKORAMIL 1624-02 Adonara di Kota Waiwerang itu. 

Malam penutupan panggung hiburan dan festival yang terbilang paling lama ini, yakni mampu bertahan berjalan selama 40 hari menampilkan berbagai atraksi lomba dan aneka hiburan lainnya, yang diiringi kelompok musik Ave Band, besutan Florianus Nus.

Animo publik, terlebih kalangan milenial Adonara pun tersedot keluar diatas panggung hiburan dan festival ini. Mereka tampil all out bergoyang bersama para tamu undangan lainnya hingga larut malam,  seolah ikut memberikan dukungan penuh terhadap keputusan Pemerintah Kabupaten Flotim menetapkan event ini sebagai agenda kegiatan dalam kalender tetap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim mulai tahun depan. (*RBT/SFN/nbc)



To Top