Hukum

Koran Ekora NTT Resmi Didaftarkan di Dewan Pers

Pemred Ekora NTT, Agustinus Nong dan Kepala Humas Pintu Air, Vinsensius saat berasma Fajar, Bagian Penerimaan Data Media Dewan Pers, di Kantor Dewan Pers, Rabu (6/11/2019).
Pemred Ekora NTT, Agustinus Nong saat mendaftarkan Media Ekora NTT di Kanotr Dewan Pers Jakarta.

JAKARTA, SUARAFLORES.NET,–Salah satu unit usaha Koperasi Kredit Pintu Air adalah bidang media massa. Dengan menjalankan bisnis media, selain membuka lapangan pekerjaan bagi anggota Pintu Air, juga dapat meningkatkan pendapatan Pintu Air.

“Pendirian media Pintu Air yang bernama ‘EKORA NTT’ untuk memberikan berbagai informasi kepada masyarakat NTT. Selain meningkatkan ekonomi atau pendapatan untuk koperasi, juga membuka ruang kerja bagi putra-putri NTT yang mempunyai kemampuan di dunia jurnalistik,” kata  Ketua Koperasi Pintu Air, Jacobus Jano, dalam pertamuan dengan Suaraflores.Net, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Jacobos berharap, dengan adanya EKORA NTT dapat memberikan warna baru dalam perkembangan media massa di NTT. Sehingga, masyarakat NTT dapat memiliki berbagai media alternatif yang menjadi sumber informasi aktual dan akurat.

“Selain tampil dalam bentuk cetak (koran), EKORA NTT yang telah memiliki pembaca tersendiri di berbagai kabupaten juga tampil dalam bentuk media online yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Mudah-mudahan EKORA NTT yang tengah bertumbuh dan berkembang menjadi media rakyat NTT, dan secara khusus bagi rakyat di desa-desa,” kata Jacobus.

Sementara itu, Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi EKORA NTT, Agustinus Nong, mengatakan, seiring tuntutan regulasi media sesuai undang-undang pers, maka EKORA NTT pun mulai bergerak untuk memantapkan berbagai persyaratan pendirian usaha pers yang diminta oleh Dewan Pers. Ia pun kemudian terbang ke Jakarta untuk mendaftarkan secara resmi EKORA NTT di Dewan Pers Jakarta Pusat.

“Saat ini, kami sudah mendaftarkan secara resmi EKORA NTT di Dewan Pers. Kami sudah 100 persen mengapload dokumen-dokumen persyaratan yang diminta Dewan Pers, dan kami antar langsung dokumen hard copy yang diminta. Kami sudah serahkan langsung ke bagian penerimaan data. Ada dua dokumen yang diminta untuk diperbaiki dan dilengkapi dan kami sedang siapkan untuk dimantapkan. Intinya, EKORA NTT sudah resmi mendaftarkan diri, tinggal menunggu Dewan Pers melakukan survey ke Kantor Redakasi Ekora NTT di Rotat, Kabupaten Sikka,” kata Pemred Agus Nong, di Kantor Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu ( 6/11/2019) yang didampingi Kepala Bidang Humas Pintu Air, Vinsensius Deo.

Pemred Ekora NTT, Agus Nong dan Vinsensius Deo saat berada di Ruangan Uji Kompetensi Wartawan, Kantor Dewan Pers Jakarta.

Pantauan Suaraflores.Net, Agus Nong dan Vinsensius Deo tiba di Kantor Dewan Pers sekitar pukul 09.30 WIB. Setelah bergambar diri di depan Kantor Dewan Pers, keduanya langsung naik lift menuju lantai 9 tempat pendaftaran. Membawa sebuah map berisi dokumen-dokumen EKORA NTT, Agus diterima Staff Dewan Pers Bagian Pendataan Media bernama Fajar.

Setelah berdialog sejenak menyampaikan berbagai persyaratan sesuai ketentuan UU Pers, Fajar menyarankan agar dokumen atau persyaratan yang belum lengkap untuk segera dilengkapi. Menjawab Fajar, Agus mengatakan dalam waktu dekat dia akan melengkapi dan segera di kirim ke Dewan Pers.

“Terima kasih banyak Dewan Pers sudah menerima kami yang datang jauh dari daerah untuk mendaftarkan media kami. Kami mohon tetap ada komunikasi yang lancar dengan kami di daerah, dan soal yang masih kurang kami akan segera perbaiki dan melengkapinya,” tutur Agus.  

Selain bertemu bagian pendataan media, Agus kemudian turun ke Lantai 4 Dewan Pers yang adalah ruangan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Di ruangan tersebut, Agus diterima oleh seorang staf khusus yang mengurusi bidang Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kepada staff khusus bernama Elya tersebut, Agus berkonsultasi mengenai mekanisme untuk mengikuti UKW sebagai salah satu persyaratan yang dituntut Dewan Pers.

Usai mendapatkan penjelasan lengkap, Agus kemudian meninggalkan Gedung Dewan Pers. Bersama Kepala Bidang Humas, Vinsensius Deo mereka bergerak ke Gedung DPD RI untuk beraudiens dengan anggota DPD RI asal NTT, Angelo Wake Kako (AWK).(bungkornell)

To Top