Hukum

KPPN Ende Serahkan DIPA Tahun 2020 untuk 3 Kabupaten

Suara Flores
Acara Penyerahan DIPA DI Hotel flores mandiri ENDE

ENDE, SUARAFLORES.NET — Rabu (27/11/2019) bertempat di Aula Hotel Flores Mandiri Ende, telah diselenggarakan kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2020. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Pemkab Ende dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ende selaku Bendahara Umum Negara (BUN) di daerah.

Dalam penyerahan secara simbolis itu, Pemkab Ende dan KPPN Ende menyerahkan 66 DIPA kepada Satuan Kerja (Satker) di tiga kabupaten yakni, Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo dan Kabupayen Sikka. Dan total dana yang dikelolah sebesar Rp. 775.686.217.000. 

DIPA merupakan dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun oleh Menteri atau Pimpinan Lembaga dan disahkan oleh Direktur Jenderal Anggaran atas nama Menteri Keuangan. DIPA berfungsi sebagai dasar untuk melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran negara dan pencairan dana atas beban Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN) serta dokumen pendukung kegiatan akuntansi pemerintah.

Baca juga: DPRD Sikka Dukung Pemerintah Ekspor Komoditi Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Baca juga: Pelajar 2 Sekolah di Ende Saling Serang

Satker vertikal dibawah Kementerian/Lembaga dalam mengelola keuangannya wajib terikat dengan rencana umum berikut besaran dana yang telah tercantum dalam DIPA tahun berkenan.

“Penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran tahun 2020 pada hari ini dilakukan satu bulan lebih awal dibandingkan dengan tahun 2018 lalu. Harapannya agar proses pelaksanaan kegiatan anggaran tahun 2020 dapat dimulai lebih awal pula,´ujar Kepala KPPN Ende, Dwi Edie Laksono, SE. MA pada kegiatan penyerahan itu.  

Edie Laksono mengatakan, dengan adanya penyerahan DIPA tahun 2020 diharapkan pelaksanaan APBN, khususnya di wilayah kerja KPPN Ende dapat berjalan dengan tertib, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan taat pada peraturan perundangan. Wujudnya prinsip-prinsip tersebut niscaya akan dapat memberikan kesejahteraan sebesar – besarnya bagi masyarakat menuju Indonesia yang maju. 

Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh siswa-siswi dari SMAK Swasta Muktiaca Ende dengan membawakan lagu dan tarian dari adat Ende Lio. (dami).

To Top