Infrastruktur

Loket Penumpang Fery Waibalun Penuh Sesak, ASDP Sigap Beri Pelayanan

KMP Fery Ranaka, yang penuh sesak di Pelabuhan Fery PT.ASDP Waibalun, Jumad, 5/07/2019, Siang, (Foto:RBT/SFN)

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,–Meski loket penumpang Fery PT.Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di Pelabuhan Waibalun, Flores Timur, Jumad, (5/07/2019) penuh sesak dengan antrian calon penumpang sejak pagi sekitar pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.30 Wita, tetapi petugas pelayanan tiket PT.ASDP, Rahabeam Pah dan Neneng, terlihat tetap sigap melayani.

Pantauan langsung Suara Flores.Net, terlihat jelas melonjaknya jumlah penumpang dan kendaraan roda 4 hingga roda 6 serta satu unit alat berat kali ini, membuat Fery Ranaka maupun loket penumpang hingga area pelabuhan penuh sesak. Dan, membuat banyak calon penumpang yang bersepeda motor terpaksa ditolak. Walau begitu, banyak penumpang maupun warga pengunjung, pengantar memberikan apresiasi positif atas semakin nyaman dan lancarnya pelayanan  PT.ASDP dan pihak terkait lainnya tersebut.

“Iya, memang Fery Ranaka hari ini penuh sesak. Hanya sekedar berdiri saja susah. Tapi, tidak apa-apa yang penting bisa dilayani dengan baik oleh petugas-petugasnya yang semakin ramah dan humanis,”ujar Bonevasius, salah seorang penumpang asal Adonara yang ikut bersama Fery KMP.Ranaka menuju Pelabuhan Bolok Kupang. Hal yang sama diungkapkan Mus Muda, penumpang yang masuk ke dalam Fery di detik-detik terakhir sehingga hanya bisa berdiri diantara sepeda motor dan barang yang tertumpuk di bagian depan pintu masuk Fery.

Terkait lonjak penumpang dan kendaraan tersebut, Manager Usaha PT.ASDP Kupang, Hermin Welkis yang dikonfirmasi media ini per telepon menjelaskan, pihaknya tetap berupaya seoptimal mungkin memberikan pelayanan terbaik dengan tetap berpegang pada aturan main yang berlaku.

“Memang, lonjakan penumpang seperti itu terkadang sulit diprediksi. Tapi prinsip kami, tetap sabar dan tenang melayani semua pihak. Terkait ada penumpang yang ditolak karena membawa sepeda motor, Kami mohon maaf. Namun, kami juga sudah antisipasi dengan menambah jumlah Fery dan jadwalnya, seperti jadwal Kupang-Lewoleba-Deri Adonara yang sebelumnya seminggu sekali, kini menjadi 2 kali seminggu,”urainya.

Ia juga menambahkan, untuk jadwal dan waktu tiba di Pelabuhan Fery Deri Adonara, kini ditambah dengan Hari Sabtu, Pukul 06.00 Wita Pagi. Berangkat sekitar pukul 08.00 Wita. Untuk diketahui, Armada milik PT.ASDP yang kini beroperasi di NTT yakni KMP Ranaka, Lakaan, Ile Labaleka’an, Ile Ape, Ile Mandiri, Uma Kalada dan Inerie.

“Saya ajak semua pihak, terutama para penumpang mari bangun kerjasama, saling mendukung untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kita bersama PT.ASDP Kupang. Jagalah juga kebersihan dan kenyamanan selama berlayar, agar kita semua sama-sama baik dan selalu selamat dalam pelayaran sampai kapan pun,”tutupnya. (RBT/SFN)

To Top