Politika

PAN Sikka tak Tembus Target 4 Kursi, Ketua DPC Mengundurkan Diri?

Suara Flores
Ketua DPC PAN Kabupaten Sikka, Philipus Fransiskus yang juga Ketua Fraksi DPRD Sikka

SUARAFLORES.NET – DPC PAN Kabupaten Sikka tak mampu mencapai target empat (4) kursi pada pesta demokrasi Pemilihan Umum Legislatif 17 April 2019 lalu. Hasil rekapitulasi perolehan suara KPU Sikka, PAN Sikka hanya mampu pertahankan posisi sebelumnya yakni tiga (3) kursi DPRD Sikka.

Berdasarkan hasil keputusan KPU Sikka, dari tiga calon yang pertahankan tiga kursi PAN di DPRD Sikka, dua diantaranya Philipus Fransiskus dan Filario Charles Betrandi yang merupakan patahana. Dan satu calon lainnya adalah Fransiskus Ropi Cynde yang merupakan Mantan Anggota DPRD Sikka periode 2009-2014. Sedangkan Markus Melo, patahana yang juga masuk bursa pencalon di dapil empat gagal menyumbang satu kursi untuk memenuhi target DPC PAN Sikka.

Dari hasil rekapitulasi KPU, Philipus yang merupakan Ketua Fraksi PAN DPRD Sikka tersebut mendapat 853 suara dan meraih kursi ke 10 dari alokasi 10 kursi di dapil tiga. Filario Charles Bertrandi mendapat 2.023 dan meraih kursi ke 7 dari alokasi 7 kursi di dapil dua, dan Frans Ropi Cinde mendapat 1.076 suara dan berhak meraih kursi ke 9 dari alokasi 10 kursi di dapil satu.

Sedangkan Markus Melo yang mengumpulkan 935 suara, tak bisa meraih kursi karena akumulasi perolehan suara partai dan suara caleg pada dapil empat hanya mencapai 1.857 suara. Markus gagal kembali ke ruang kulababong karena akumulasi suara PAN berada pada urutan ke 10, sedangkan alokasi kursi di dapil empat hanya delapan kursi.

Baca juga: Ketua PAN Sikka Siap Mengundurkan Diri

Baca juga: Darma Pasola dan Cerita Rakyat Warnai Workshop Literasi

Baca juga: Polisi, Jaksa dan KPK Didesak Tangkap Pelaku Korupsi di Flotim

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPC PAN Kabupaten Sikka, Philipus Fransiskus memastikan perolehan kursi PAN bertambah dari tiga kursi ke empat kursi pada pemilihan legislatif 2019. Hal itu disampaikan Philips berdasarkan analisa politik internal partai dengan mencermati kekuatan calon dari masing-masing dapil.

“Ini target final. Perolehan kursi PAN Sikka di DPRD Sikka pasti bertambah satu kursi. Tidak mungkin kursi PAN berkurang. Kalau bertambah 1 kursi itu sudah pasti. Jika tidak mencapai target saya siap mengundurkan diri dari Ketua DPC PAN Sikka,” ujarnya kepada SuaraFlores.Net, Jumat (31/8/2018) di Kantor DPRD Kabupaten Sikka.

Pernyataan pengunduran diri Philipus tampak sangat serius. Selain menyampaikan kepada kader PAN Sikka, pernyataan tersebut juga telah disampaikan kepada pengurus PAN Propinsi. “Ini serius bukan main-main. Saya pastikan mengudurkan diri kalau PAN Sikka tidak meraih empat kursi. Analisa politik saya pasti tidak salah,” tandasnya. (sfn02).

To Top