Nusantara

Paus Fransiskus Menunjuk Romo Ewaldus Sedu Jadi Uskup Maumere

Suara Flores
Uskup Maumere Yang ditunjuk Paus Fransiskus, Mgr, Ewaldus Martinus Sedu,

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Vikjen Keuskupan Maumere, Romo Ewaldus Martinus Sedu, Pr ditunjuk menjadi Uskup pada Gereja Lokal Keuskupan Maumere, Kabupaten Sikka, Pulau Flores.

Gereja Katolik wilayah Keuskupan Maumere melalui Emeritus Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus Kheurubim Pareira, SVD membacakan keputusan Tahtah Suci Vatikan, Paus Fransiskus yang diterima melalui Duta Vatikan Indonesia.

Pengumuman keputusan Tahtah Suci Vatikan berlangsung di Lepo Bispu atau Rumah Uskup Maumere, Jalan Wairklau, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Sabtu (14/7/2018). Pengumuman yang berlangsung tepat pukul 18:00 wita atau pukul 12:00 siang waktu Roma, Italia disaksikan para pastor paroki se Keuskupan Maumere, biarawan-biarawati serta sejumlah umat yang berkesempatan hadir.

“Setelah sekian lama menanti berita sambil tekun dalam doa mohon kehadiran Uskup baru, maka dengan ini kami mengumumkan kabar gembira ini. Hari ini (14/7/2018) tepat pukul 12:00 siang waktu Roma, Italia atau pukul 18: 00 wita, Paus Fransiskus melalui siaran Radio Vatikan menunjuk Romo Ewaldus Martinus Sedu, Pr sebagai Uskup Maumere yang baru. Jadi sekarang kita sudah punya Uskup yang baru,” ujar Emeritus Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus Kheurubim Pareira, SVD dalam membacakan pengumuman tersebut disambut tepuk tangan rohaniwan dan rohaniwati serta umat yang hadir.

Suara Flores

Nampak umat memberikan selamat kepada Mgr. Ewaldus Martinus Sedu yang didampingi Emeritus Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus Kheurubim Pareira, SVD di Lepo Bispu atau Rumah Uskup Maumere. 

Baca juga: Mencermati Fenomena Mutu Pendidikan di NTT

Dikatakan bahwa dari beberapa waktu kemarin dikirim email secara rahasia oleh Duta Vatikan. Dalam email tersebut diumumkan 2 Uskup Agung di Indonesia yang baru yaitu Romo Kristoforus Tri Harsono sebagai Uskup baru untuk Purwokerto dan Romo Edwaldus Martinus Sedu, Pr sebagai Uskup pada Gereja Lokal Keuskupan Maumere.

Romo Ewald, lahir di Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores pada 30 Juli 1963. Dia ditahbiskan menjadi Imam pada tanggal 7 Juli 1991. Pada waktu itu, untuk Keuskupan Agung Ende sesudah pemekaran Keuskupan Maumere, Romo Ewald bergabung menjadi Imam Keuskupan Maumere.

Sedangkan Romo Kristoforus Tri Harsono, lahir di Bogor pada tanggal 18 Januari 1866. Ditabiskan menjadi Imam pada tanggal 15 Februari 1995. Terakhir ia sebagai Vikjen Keuskupan Bogor dan sekarang diutus menjadi Uskup Purwokerto.

Disaksikan SUARAFLORES.NET, usai pengumuman tersebut para pastor paroki dan biarawati serta umat yang hadir memberikan selamat kepada Uskup Maumere yang baru Mgr. Ewaldus Martinus Sedu. Selanjutnya dilakukan doa dan makan bersama. (sfn02).

To Top