Infrastruktur

Pelindo dan Pelni Maumere Pastikan Dermaga Penumpang L. Say Maumere Siap Beroperasi Lagi

Sekda Sikka Wihelmus Sirilus dan Kepala Pelni Surahman saat kegiatan Simulasi di Kantor Pelni Maumere

MAUMERE, SUARAFLORES.NET– Kurang lebih tiga yang lalu, pemerintah daerah meminta agar PT. Pelni Maumere menutup sementara Pelabuhan L. Say Maumere, khususnya dermaga kapal penumpang. Langkah penutupan sementara saat itu karena ganasnya penyebaran virus korona, setelah ratusan penumpang turun di Pelabuhan L. Say Maumere melalui KM. Lambelu.

Kini, di masa New Normal, Kamis (9/7/2020), pihak Pelni Maumere memastikan kesiapannya untuk menghadapi beroperasinya Pelabuhan penumpang L. Say. Kesiapan Pelni Maumere ini mengacu kepada himbauan Departemen Perhubungan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona. Bahwa, setiap penumpang wajib rapied test saat hendak membeli tiket. Begitu juga saat hendak turun. Para penumpang wajib mengikuti protokol kesehatan.

“Sejak dua bulan lalu kami sudah siap menjalani protokol kesehatan apabila Pelabuhan L. Say beroperasi lagi. Setiap penumpang wajib melakukan rapied test,” ujar Surahman, Kepala PT. Pelni Maumere saat kegiatan simulasi beroperasinya Pelabuhan L. Say Maumere, Kamis (9/7/2020) pagi di Kantor Pelni

Saat beroperasi, sebagaimana himbauan Departemen Perhubungan, jumlah penumpang pun tetap mengacu pada protokol kesehatan, yakni 50 persen dari kapasitas kapal. Jika kapasitas kapalnya 2000 orang, maka kapal tersebut boleh menerima penumpang sebanyak 1000 orang. Namun, kata dia, jumlah tersebut pun tidak maksimal, mengingat biaya rapid test sangat mahal, sehingga belum banyak masyarakat bepergian keluar daerah.

“Intinya kita sudah siap mengikuti protokol kesehatan,” ujar Surahman.

Disisi lain, Surahman mengaku bahwa setiap hari pihaknya didatangi masyarakat untuk menanyakan terkait jadwal atau waktu beroperasinya kapal-kapal penumpang di pelabuhan penumpang L. Say Maumere.

General Manager (GM) Pelindo III Maumere, Kabupaten Sikka Ari Filardi memastikan Pelabuhan L. Say Maumere sudah siap beroperasi kembali setelah beberapa bulan terakhir ditutup sementara karena virus korona. Segala fasilitas telah disiapkan untuk mendukung beroperasinya Pelabuhan L. Say Maumere.

Ia mengatakan, ada empat point penting yang wajib diikuti setiap penumpang saat turun maupun naik kapal, yakni memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak dan test suhu tubuh. Para penumpang diharapkan disiplin mengikuti protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah pusat setiap waktu.

Ari mengatakan, sesungguhnya pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan telah mengijinkan pelabuhan penumpang dioperasikan kembali. Akan tetapi, sebagai wilayah otonomi, setiap pemerintah daerah dapat memutuskan dengan melihat situasi di daerah. Oleh karena itu, lanjut Ari, Pelindo Maumere tetap menunggu keputusan Pemerintah Daerah untuk menentukan waktu atau jadwal bersandarnya kapal-kapal penumpang.

“Pada dasarnya kita sudah siap. Baik fasilitas maupun untuk kenyamanan penumpang saat hendak turun kapal maupun naik kapal. Kita tunggu saja, kapan pemerintah putuskan, kita sudah siap,” ujar Ari di Kantor Pelindo Maumere, (9/7) siang.

Sementara itu, Pj Sekda Sikka Wihelmus Sirilus setelah mengikuti proses simulasi mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh pihak Pelni di Pelabuhan L. Say. Misalnya, harus ada ruang karantina untuk para penumpang yang ketika ditest suhu tubuhnya tidak normal harus diistirahatkan.

“Setelah simulasi saya melihat belum memenuhi standar protokol kesehatan. Salah satunya harus ada ruang karantina untuk penumpang yang suhu tubuhnya tidak normal,” ujar Sirilus. (Sfn02).

To Top