Edukasi

Pemenuhan Hak atas Pendidikan, Pemerintah Harus Utamakan Pendidikan Dasar dan Menengah

Rapat KOMISI III DPRD Sikka bersama Dinas Pendisikan Kepemudaan dan Olahrahga Kabupaten Sikka

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Pemerintah daerah yang dinakodai Bupati Fransiskus Roberto Diogo dan Wakil Bupati Romanus Woga (RoMa) tengah berjuang keras untuk memberikan beasiswa kepada masyarakat calon mahasiswa/i. Saat ini sudah ribuan calon mahasiswa terdata melalui Bagian Kesra Setda Sikka untuk kemudian menjalani pendidikan tinggi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Terhadap langkah itu, Komisi III DPRD Sikka memberi apresiasi yang tinggi kepada pemerintah, namun diharapkan agar pemerintah tidak mengabaikan kebutuhan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baharudin,, Anggota Komisi III DPRD Sikka menjelaskan bahwa sesungguhnya yang menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah daerah adalah pendidikan dasar hingga pendidikan menengah pertama. Mestinya, pendidikan dasar dan pendidikan menengah pertama mendapat alokasi anggaran yang lebih besar atau lebih besar mendapat perhatian.

Untuk itu, diharapkan agar pemerintah kembali melihat problem utama pendidikan yang tengah dikampanyekan pemerintah setiap hari. Artinya pendidikan tinggi boleh diperjuangkan melalui alokasi anggaran tapi tidak mengabaikan kebutuhan akan pendidikan dasar dan pendidikan menengah pertama.

“Kita setuju apa yang diusulkan pemerintah, tapi kita berharap agar pendidikan dasar dan pendidikan menengah harus mendapat perhatian utama. Kewenangan dan tanggungjawab utama kita adalah SD dan SMP. Masih sangat banyak masalah yang kita temukan di lapangan. Sarana prasaran buruk, upah guru sangat minim, infranstruktur buruk. Ini yang harus kita perhatikan,” ujar Anggota DPRD Sikka dari PKS itu dalam rapat Komisi III bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sikka dan juga saat bersama Bagian Kesra Setda Sikka, Jumat (29/11/2019) siang.

Hal lain ditekankan oleh Anggota DPRD Sikka Wenseslaus Wege, bahwa pihaknya sangat setuju atas apa yang tengah digerakan oleh pemerintah daerah dalam pemenuhan hak-hak dasar masyarakat Sikka atas pendidikan. Pendidikan tinggi, kata Wens Wege, adalah hak semua warga Negara. Karena itu, benar apa yang sudah diperjuangkan pemerintah untuk memberikan beasiswa kepada para calon mahasiswa yang sudah diakomodir oleh pemerintah.

Ia mengatakan, DPRD sudah melihat tujuan besar dari pemberian beasiswa kepada para calon mahasiswa. Tujuannya adalah pemenuhan hak atas pendidikan dan memberikan kesempatan kepada warga untuk bersaing di dunia kerja. Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu kian maju. Di sana sangat dibutuhkan pengetahuan dari generasi penerus daerah Kabupaten Sikka.

“Jadi kita sangat setuju atas misi besar pemerintah memberikan beasiswa kepada generasi penerus Kabupaten Sikka. Tapi ada catatan penting adalah pendidikan SD dan SMP harus mendapat tempat yang utama. Karena itu yang menjadi kewenangan daerah,” ujar Wens usai menghadiri Rapat Komisi III tersebut di Kantor DPRD Kabupaten Sikka, (29/11) sore.

Jauh sebelumnya, Anggota DPRD Sikka Stef Sumandi mengatakan, tugas dan tanggungjawab utama pemerintah adalah pendidikan dasar dan menengah. Jadi apa yang dilakukan pemerintah harus sesuai kewenangan daerah dalam regulasi.

“Pendidikan dasar itu paling penting. Itu kewenangan kita. Tapi kita juga akan terus berjuang untuk membantu adik-adik yang mau kuliah. Jadi kalau pemerintah sudah bantu bangun sekolah, bantu kasih beasiswa ya harus serius. Jangan sampai setelah pemerintah bangun sekolah, masyarakat pergi merantau. Itu juga soal. (sfn02).

To Top