Peristiwa

Pemerintah Sumba Barat Bakal Gelar BBGRM, HKG dan Harganas di Desa Palamoko

Pihak Dinas PMD bersama masyarakat desa Palamoko telah membangun sejumlah stand pameran yang terbuat dari bahan lokal bernuansa budaya.(Sil)

WAIKABUBAK – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumba Barat akan menggelar kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-16 (BBGRM) yang kegiatannya dipadukan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 serta Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Kabupaten Sumba Barat.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Desa Palamoko, Kecamatan Lamboya pada tanggal 21-23 Mei 2019. Pelaksanaan kegiatan ini dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumba Barat. 

Sebagaimana terlihat di lokasi pada Sabtu (18/5), pihak Dinas PMD bersama masyarakat setempat telah membangun sejumlah stand pameran yang terbuat dari bahan lokal bernuansa budaya. Atap dari bangunan stand pameran terbuat dari alang-alang dengan tiang bambu dan kayu. Begitu pula dengan panggung utamanya juga berbentuk bangunan rumah adat. 

Lokasi kegiatan ini sungguh menawan dimana view pemandangan laut dengan bentangan yang luas sungguh indah mempesona. Lokasi ini sungguh eksotik bagi siapa pun karena bisa untuk foto atau berselfie ria. Selain itu, lokasi ini juga cocok bagi siapa pun untuk berinvestasi seperti jasa perhotelan dan pariwisata lainnya. 

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Yakobus Jefrison Dapamerang, SP, MM, mengemukakan, pemilihan Desa Palamoko sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan tingkat kabupaten dengan maksud untuk mengajak semua pihak bisa datang ke desa ini karena desa ini dari sisi topografi cukup jauh dari kota. selain itu, pihaknya ingin memperkenalkan Desa Palamoko kepada dunia luar dimana di desa ini memiliki potensi pariwisata pantai yang sangat indah.

Sementara itu, terkait dengan rangkaian kegiatan BBGRM, HKG dan Harganas juga melibatkan NGO atau LSM seperti Save The Children dan English Goes To Kampung (EGK). Pihak Save The Children telah mengkonfirmasi kesediaannya dengan mengisi acara praktek cuci tangan pakai sabun dan sikat gigi bersama anak-anak dan masyarakat serta Pos Baca. Sedangkan dari EGK akan mendukung dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di lokasi tersebut. (bkr/sfn/sil)

To Top