Nusantara

Pemkab Ende Dukung Rakernas AMAN Nusantara 2020

ENDE, SUARAFLORES.NET–Pemerintah Kabupaten Ende siap mendukung penuh penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). Kegiatan itu akan dilaksanakan di Komunitas Masyarakat Adat Saga, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Flores, NTT pada tanggal 17 hingga 20 Maret 2020 mendatang.

Bentuk dukungan Pemkab Ende tersebut disampaikan langsung oleh Sekda Ende, dr. Dr. Agustinus Gadja Ngasu, M. Kes saat berdialog dengan rombongan Pengurus dan Panitia Rakernas AMAN ke – Vl yang dipimpin langsung Ketua Dewan AMAN Nasional (DAMANNAS), Hein Namotemo di ruang kerja Sekda, Senin, 02/12/2019 lalu.

Sekda Gusti pada kesempatan itu mengatakan Pemkab Ende menyambut baik kegiatan tersebut dan siap mendukung penuh hajatan Masyarakat Adat yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.
Kegiatan yang melibatkan masyarakat di seluruh Indonesia ini dapat menampilkan nuansa kekeluargaan dan persaudaraan yang tinggi. Karena peserta yang mengikuti kegiatan Rakernas tersebut datang dari berbagai daerah dengan memiliki latar belakang yang berbeda, namun memiliki satu presepsi yang sama sehingga tujuan pelaksanaan kegiatan bisa tercapai seperti yang diharapkan bersama.

Sementara Ketua Dewan AMAN Nusantara (DAMANNAS), Hein Namotome mengatakan, kegiatan RAKERNAS ini dalam rangka mengavaluasi program – program masyarakat adat.

“Jadi, ada 3 program yang akan dibahas dalam kegiatan RAKERNAS yakni, Mandiri secara ekonomi, Berdaulat secara politik dan Bermartabat secara budaya,” ujarnya.

Hein mengatakan, prinsip dasar masyarakat adat dalam sisi budaya ialah menerapkan semangat spritualitas, sprit kebudayaan dan harus melekat pada diri masyarakat adat dibandingkan dengan minset atau cara pandang dalam peraturan tertulis. (damannas).

To Top