Ekbis

Pengelolaan Pasar Senja, Disbudpar Sikka Harus Mampu Menjalankan Perannya

Suara Flores
Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata, Kensius Didimus (menghadapi kamera) sedang berupaya untuk menemui Bupati Sikka usai peresmian Lapak Pasar Senja Maumere

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo atau akrab disapah Robi Idong berharap Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sikka mampu menjalankan perannya. Dinas Pariwisata jangan memperbanyak rasa malu pemerintah daerah dan harus mendukung program Dinas Perdagangan Kabupaten Sikka dalam pengelolaan Pasar Senja.

Pernyataan itu disampaikan Robi Idong melalui sambutannya saat Peresmian Pemanfaatan Pasar Senja di belakang Gelora Samador Kota Maumere, Sabtu (10/11/2018) malam.

Robi Idong mengatakan pengelolaan Pasar Senja butuh keterlibatan banyak instansi yakni Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Pendapatan dan Dinas Kesehatan. Dinas Pariwisata harus mampu menjalankan perannya dalam menentukan rasa dan kualitas berbagai kuliner yang ada di Pasar Senja.

“Dari Dinas Pariwisata hadir tidak. Coba dari Dinas Pariwisata angkat tangan. Nah, ini Dinas Pariwisata memperbanyak malu,” ujar Robi Idong setelah mengetahui tak satupun pihak Dinas Budaya dan Pariwisata hadir dalam acara tersebut, baik Kepala Dinas maupun staf.

Baca juga: Lapak Pasar Senja Diresmikan, Bupati Sikka: Masih banyak yang harus Kita Bangun

Menurutnya, Dinas Pariwisata harus bisa melakukan penelitian dari lapak ke lapak untuk mengetahui kualitas makanan yang dijual di Pasar Senja. Tetapi harus dilakukan secara tertutup.

Sebelumnya, Bupati Sikka mengatakan, Kabupaten Sikka memiliki banyak potensi yang harus dikelolah agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Semua dinas harus berperan aktif dalam mendorong pembangunan daerah.

“Mendengar laporan sebenarnya sebagai kepala daerah saya malu. Ke depan saya berharap kita kerja bersama dan kita tidak boleh malu lagi. Jadi ini bukan hanya urusan Dinas Perdagangan, tetapi Dinas Pariwisata harus masuk. Semua terkait termasuk Dinas Pertanian yang bisa memfasilitasi produk-produk pertanian yang organik agar masyarakat yakin bahwa yang disajikan di Pasar Senja benar-benar berkulitas,” ujarnya.

Pantuan SuaraFlores.Net, Kepala Dinas Pariwisata, Kensius Didimus hadir usai kegiatan peresmian. Ia menemui Bupati Sikka sambil melempar senyum dan memberi salam kepada Bupati Sikka di sebelah utara, usai pengguntingan pita tanda Peresmian Pemanfaatan Pasar Senja. (sfn02).

To Top