Infrastruktur

Presiden Jokowi Akan Tabur 100 Ribu Benih Ikan dan Tanam Pohon di Rotiklot

Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu. (Foto:PUPR)

BELU,SUARAFLORES.NET,–Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan terbang ke Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/5/2019) besok. Agenda utama Jokowi adalah meresmikan Bendungan Rotiklot di Belu, Kabupaten Belu. Jokowi juga akan menaburkan 100 ribu benih ikan, seperti Nila dan Mujair, dan melakukan penanaman berbagai jenis bibit pohon, seperti Beringin, Kelor, Flamboyan, dan lain-lain.

“Ya, besok siang Presiden Jokowi akan tiba di Bandara El Tari Kupang dengan pesawat kepresidenan. Presiden akan diterima Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Setelah beristirahat sejenak Presiden Jokowi dan rombongan akan ke Belu untuk meresmikan Bendungan Rotiklot, menabur 100 ribu lebi benih ikan, dan menanam pohon seperti beringin dan kelor,” terang Kepala Biro Humas Pemprov NTT, Dr. Marius Djelamu pertelepon, Minggu (19/5) malam.

Dikatakan Marius, setelah usai meresmikan bendungan, menabur benih ikan, dan menanam pohon, Presiden Jokowi dan rombongan akan terbang kembali ke Jakarta melalui Bandar Udara El Tari Kupang.

Saat ini, kata Marius, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono dan Wakil Gubernur NTT, Drs.Josep Alexander Nae Soi, MM, telah berada di Belu dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Diterangkan Marianus, penanaman beberapa jenis pohon dimaksudkan agar kawasan Rotiklot menjadi kawasan hijau. Selain bertujuan untuk menyerap air penanaman pohon juga agar kawasan Bendungan Rotiklot menjadi kawasan eko wisata yang menarik para wisatawan.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Rotiklot yang terletak di Kabupaten Belu. Bendungan dengan kapasitas 3,3 juta m3 ini juga sudah dilakukan pengisian (impounding) sejak Desember 2018. 

Bendungan Rotiklot adalah salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun pada periode 2015-2019. Groundbreaking Bendungan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Desember 2015, dan pada hari Senin (20/5/2019), Rotiklot akan diresmikan oleh presiden. (bkr/sfn)

To Top