Politika

Rofin Kabelen dan Yos Paron Kabon Roketkan PAN-PKB di Flotim

Ketua DPD PAN Flotim, Rofin Baga Kabelen,SH diapiti Bupati Flotim, Anton Hadjon-Wabup Flotim, Agust Boli saat Malam PAN Merakyat, Syukuran dan Spirit, Senin, 20 Januari 2020 di Desa Wolo, Demonpagong, Kampung Halamanya, Rofin Baga Kabelen. (Suara Flores.Net/RBT)
Rofin Baga Kabelen saat berdiskusi dengan warga.

LARANTUKA,SUARAFLORES.NET,- Tak berlebihan jika dua sosok politisi muda dan pemimpin partai politik di Flotim, Rofinus Baga Kabelen,SH dan Yosep Paron Kabon,ST yang kini bersinar bersama PAN dan PKB Flotim layak diperhitungkan sebagai calon pemimpin Flotim pasca  Anton Hadjon-Agust Boli.

Dua sosok inipun boleh didapuk sebagai tokoh penting dibalik meroketnya capaian prestasi politik PAN dan PKB) Flores Timur dalam pentas politik legislatif 2019. PAN Flotim mampu meraih 4 kursi DPRD Flotim dengan total perolehan suara 10.730, sementara PKB tembus 4 kursi dengan total.suara 12.178.  Dan, berhasil menempatkan Yosep Paron Kabon menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Flotim periode 2019-2024.

Rofin Kabelen pun berhasil menjadi Anggota Dewan Flotim periode ke 2.
Sedangkan, Yosep Paron Kabon memasuki periode ketiganya di Gedung Bale Gelekat Lewotana, Flotim.

Sebuah capaian anak tanggga karier politik yang menyamai dan bahkan melewati Anton Hadjon-Agust Boli, yang saat maju sebagai Cabup-Cawabup Flotim 2016 kemarin sama-sama pas di periode ke 2 masa keanggotaannya sebagai DPRD Flotim.

Yosep Paron Kabon,ST, Ketua PKB Flotim, Anggota DPRD Flotim 3 periode, saat ini menduduki Wakil Ketua DPRD Flotim. (Suara Flores.Net/RBT) 

Jabatan puncak terakhir Anton Hadjon pun berhenti sebagai Wakil Ketua DPRD Flotim, persis sama dengan posisi Yosep Paron Kabon saat ini. Demikian pula Agust Boli, saat itu sebagai anggota dewan biasa dan pernah menduduki jabatan di Komisi dan Ketua Badan Legislasi, sama dengan Rofin Kabelen, yang saat ini menukangi Komisi B selaku Ketua.

Lepas dari semua itu, mesti diakui kalau saat ini, Rofin Kabelen dan Yosep Paron Kabon punya posisi tawar politik yang lagi ‘naik daun’. Semua ‘mata politik’ pun tertuju kepada kedua sosok penting ini. Pasalnya, dengan posisi jabatan sebagai ketua parpol yang berhasil menancapkan 4 kursinya di DPRD Flotim, apalagi ditambah 1 kursi DPRD NTT dan DPR RI kali ini, keduanya jelas punya kans politik yang lebih baik untuk maju bertarung mewakili partai politiknya.

Betapa tidak, Rofin Kabelen yang memimpin PAN Flotim, partai berlambang Matahari Putih itu mampu mencetak rekor sempurna bersama pengurusnya dengan meraih 4 kursi DPRD Flotim, 1 Kursi DPRD NTT atas nama Syaiful Sengaji, dan 1 Kursi DPR RI yang diduduki Ahmad Yohan. Keduanya adalah putera terbaik Flotim. Padahal, sebelumnya pada Pemilu 2014, PAN hanya bisa menempati 1 kursi DPRD Flotim.

Demikian pula dengan Kursi DPRD NTT meskipun meraih 1 kursi, tapi saat itu diduduki politisi asal Alor. Sama halnya dengan posisi Ahmad Yohan saat itu, hanyalah mengisi Pergantian Antar Waktu (PAW).

“Iyah, kami patut berbangga atas capaian politik PAN Flotim kali ini. Memang, tak bisa dipungkiri, kalau ini juga berkat sentuhan ‘tangan dingin’ sang politisi muda, Rofin Baga Kabelen,”sebut Yohanes Beribe, tokoh masyarakat Demonpagong, saat bersama dalam acara  Malam PAN Merakyat, Syukur dan Spirit beberapa waktu lalu, di Desa Wolo, Kampung Halamannya Rofin Kabelen.

Menurutnya, agak sulit dipercaya kalau PAN yang selama musim politik 2019 diterpa badai isu politik nasional sebagai partai yang anti nasionalis dan dianggap tidak baik, tapi bisa eksis dan mampu meraih kursi sempurna di Flotim. Dari kabupaten, propinsi hingga pusat.

“Dan ini membuktikan kalau sosok politisi muda Rofin Kabelen, dinilai mampu dan layak untuk didorong maju sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati Flotim pasca Anton Hadjon-Agust Boli,”sambarnya, serius.

Sebagaimana ikut disaksikan media, Yohanes Beribe malam itu, juga didaulat untuk membawakan suara PAN Flotim, yang salah satu point pentingnya adalah secara terbuka mengumumkan pencalonan Rofin Baga Kabelen sebagai Calon Bupati-Wakil Bupati Flotim mendatang.

Spirit politik yang sama pula terjadi di tubuh PKB Flotim, dimana nama Yosep Paron Kabon pun mulai dielus massa partainya. Ia dinilai layak maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Flotim pasca Anton Hadjon-Agust Boli. Sebab, ditangan dingin seorang Yosep Paron Kabon, politisi muda asal Hinga-Lamapaha, Kelubagolit, Adonara, PKB Flotim pun mampu mencetak 4 kursi DPRD Flotim, 1 kursi DPRD NTT yang diduduki politisi perempuan asal Flotim, Ana Waha Kolin dan bersama-sama PKB se daratan Flores, Lembata dan Alor menangkan 1 kursi DPR RI atas nama Dipo Alam Nusantara, politisi asal Kabupaten Ende.

“Ini jelas menjadikan posisi Yosep Paron Kabon bisa makin dipercaya Partainya bahwa Dia mampu dan layak maju. Ditambah dengan pengalamannya 3 periode di DPRD Flotim tentunya membuatnya sudah banyak paham dan tahu betul tugas seorang Bupati atau Wakil Bupati,”nukil Kopong Ola, Johanes Tokan saat obrol lepas secara terpisah bersama media di Larantuka belum lama ini.  

Asal tahu saja, meskipun perhelatan politik Flotim satu dan dua masih lama, namun nama Rofin Kabelen dan Yosep Paron Kabon pun mulai santer beredar bakal ikut bertarung. Akankah kedua sosok ini pasti maju dalam bursa Cabup-Cawabup Flotim nanti, kita tunggu saja. (SFN/RBT)

To Top