Kesehatan

RSUD Ben Mboi Ruteng Tangani 1 PDP Virus Corona

RUTENG, SUARAFLORES.NET–Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ben Mboy Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menangani 1 (satu) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona atau Covid-19. Pasien berinisial S ini merupakan seorang pria berusia 44 tahun asal Manggarai Barat.

“Sekarang RSUD Ben Mboi sedang menangani satu PDP Covid-19. Saat ini pasiennya di ruang isolasi,” jelas Ludovikus D Moa, Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai di Ruang Media Center Kantor Bupati Manggarai pada Selasa (24/3/ 2020 seperti ditulis fanpage Radio Manggarai 88,00 FM.

Moa melanjutkan bahwa pasien dengan inisial S ini baru saja datang dari Surabaya sekitar satu minggu yang lalu. Ia berdomisili di Surabaya. Saat datang dari Surabaya, S dirawat di rumah keluarganya di Ruteng. S kemudian diantar ke RSUD Ben Mboi Ruteng oleh keluarga.

“Saat datang dari Surabaya dia sudah sakit. Dirawat di rumah keluarga selama satu minggu. S diantar keluarga tadi pagi (24/03). Gejalanya batuk, demam, dan sakit tenggorokkan. Sekarang ada di ruang isolasi untuk diperiksa tim medis,” lanjut Moa.

Setelah pasien PDP ini diperiksa, rencananya akan segera dirujuk ke RSUD Komodo Manggarai Barat.

“Nanti setelah diperiksa, pasien ini akan dirujuk ke RSUD Komodo Manggarai Barat sebagai salah satu Rumah Sakit rujukan untuk pasien Covid-19,” jelas Moa.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan mengatakan bahwa pihak keluarga di Ruteng yang merawat pasien ini di Rumah sudah diterapkan standar protokol penanganan Covid19.

“Keluarganya juga sudah ditangani. Diperiksa dan diedukasi untuk melakukan isolasi diri,” pungkas Moa.

Untuk diketahui, pasien ini statusnya masih Pasien Dalam Pengawasan. Belum pasti positif Covid-19 atau belum ada hasil pemeriksaan. (sf/radiomanggarai).

To Top