Kabar Alam

Segarnya Mandi di Kolam Weekuri Kodi Utara

Suasana di objek wisata Pantai Weekuri, Kabupaten Sumba Barat Daya.

WAITABULA, SUARAFLORES.NET,- Belum pernah ke Pantai Weekuri? Silahkan atur jadwal untuk mampir menikmati kesegaran air di kolam alam Pantai Weekuri di Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Cuma butuh waktu 40 menit dari Tambolaka.

Perjalanan ke Pantai Weekuri bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalannya aspal hotmix dan rata. Pemandangan alam pun tersaji dengan hamparan savanna yang luas nan indah. Kita akan menyusuri jalan sepanjang pantai dari Tambolaka. Seperti halnya yang terjadi pada Jumat (31/7) lalu. Dalam mengisi waktu libur Hari Raya Idul Adha, kami pun dengan mengendarai kendaraan jenis pick up mendatangi objek wisata Pantai Weekuri. Untuk menjangkau lokasi wisata ini tidaklah sulit karena Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya sudah mengaspal jalan.

Setibanya di lokasi wisata, kita disambut oleh petugas di pos jaga yang sangat ramah. Para pengunjung diminta untuk terlebih dahulu harus mencuci tangan pakai sabun di pos jaga sebagai cara untuk mencegah penyebara Virus Corona 2019. Selain itu, setiap pengunjung akan diukur suhu tubuh menggunakan thermal gun oleh petugas. Selepas pemeriksaan suhu tubuh, pengunjung diharuskan membayar karcis masuk. Setiap pengunjung dikenai Rp 2.000,- dan sewa parkir Rp. 2.000,- sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 8 Tahun 2012. Setelah membayar karcis masuk, kendaraan diparkir di tempat parkir yang disediakan.

Di lokasi objek wisata ini terdapat jalan setapak terbuat dari semen yang lebar. Jalan semen ini juga dibuat mengitari areal kolam. Lokasi wisata ini juga Nampak sejuk karena ditumbuhi dan dinaungi aneka pepohonan sebagai tempat berteduh. Ada aneka jualan makanan dan minuman serta cinderamata seperti kain tenunan Sumba, parang dan cinderamata lainnya.

Para pengunjung dapat melepas barang bawaannya di sejumlah bale-bale bambu yang disiapkan. Barang-barang bawaan dijamin tidak akan hilang. Setelah beristirahat sejenak, kami pun langsung menuruni tangga menuju kolam air. Kolam air ini merupakan hasil rembesan air laut melalui celah-celah batu karang. Kolam ala mini cukuplah unik karena ada pasir putihnya, ada bagian yang berwarna putih dan biru. Yang berwarna putih menunjukan airnya dangkal sedangkan yang bagian warna biru airnya dalam.

Para pengunjung juga dapat menggunakan ban yang bisa disewa untuk berenang. Ada juga bagan kayu yang bisa disewa sebagai sampan. Pada bagian timurnya ada tempat atau tangga untuk meloncat dari ketinggian ke dalam air. Bagi yang yang mampu melakukannya bisa dipraktekan dan akan menjadi tontonan yang menarik. Selepas mandi, para pengunjung dapat berjalan mengitari kolam pada bagian bukitnya yang sudah dibangun jalan setapak semen dan ada juga jembatang kayu yang sangat indah. Kita bisa menikmati dua alam sekaligus yakni alam pesesir pantai melihat hempasan gelombang di batu karang sekaligus kolam air Weekuri. Jadi, mau tunggu apa lagi? Segeralah atur jadwal untuk berkunjung di Pantai Weekuri.  (bkr/SFN)

To Top