Edukasi

Sukses Tetapkan PERDES PAUD HI, Desa Katiku Loku Siap Bentuk Taman Pawoda Desa

Penandatanganan berita acara penetapan Perdes PAUD HI oleh Ketua BPD dan Kepala Desa Katiku Loku pada Kamis (28/11) bertempat di Kantor Desa Katiku Loku.

WAIKABUBAK, SUARAFLORES.NET – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa Katiku Loku, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat sukses menetapkan peraturan desa tentang pengembangan anak usia dini holistik integratif (PERDES PAUD HI). Di awal tahun anggaran 2020 nanti, pihak pemerintah desa akan membentuk tim Taman Pawoda Desa atau Gugus Tugas PAUD HI Tingkat Desa Katiku Loku untuk menyelenggarakan semua layanan PAUD HI.

Penetapan Perdes Nomor 1 Tahun 2019 tentang PAUD HI Desa Katiku Loku tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Katiku Loku pada Kamis (28/11) lalu. Penetapan Perdes PAUD HI dilakukan oleh Kepala Desa, Darius D. Lenga, dalam sebuah acara rapat paripurna BPD dengan agenda penetapan ranperdes menjadi Perdes PAUD HI. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua BPD, Yulius Djaga dan dihadiri oleh 5 orang anggota BPD. Rapat yang terbuka untuk umum tersebut disaksikan juga oleh apparat pemerintah desa, kepala dusun, Ketua RT, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, kader posyandu, pengelola dan pendidik PAUD  serta stakeholder lainnya yang ada di desa. Selain itu, juga disaksikan oleh perwakilan Camat Wanokaka, Ngadyi Rengu, SH, Kasubag Hukum dari Bagian Hukum Setda Sumba Barat, Roby Lingu Lango, Bunda PAUD/ Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Barat, Dra. Meity H.W.Dapawole Monteiro serta perwakilan Lembaga mitra yakni Stimulant Insitute Sumba dan Save The Children Sumba.

Di acara rapat paripurna tersebut, pihak BPD membacakan berita acara persetujuan penyempurnaan ranperdes berdasarkan masukan Bupati Sumba Barat saat evaluasi ranperdes di Bagian Hukum Setda beberapa minggu sebelumnya. Setelah membacakan berita acara persetujuan penetapan ranperdes menjadi perdes, Ketua BPD dan Kepala Desa Katiku Loku melakukan penandatanganan berita acara dan selanjutnya diikuti oleh semua anggota BPD. Setelah penanda-tanganan berita acara, Ketua BPD menyerahkan dokumen perdes kepada kepala desa untuk ditetapkan dan ditanda-tangani. Kepala desa yang menerima dokumen perdes lalu membacakan naskah penetapan dan menanda-tanganinya. Selanjutnya, setelah penanda-tanganan kepala desa menyerahkan perdes kepada Sekretaris Desa, Laiya Kani untuk diundangkan ke dalam lembaran desa tahun 2019. Setelah menerima dokumen perdes, sekretaris desa lalu membacakan ringkasan perdes dan diundangkan ke dalam lembaran desa Nomor 1 Tahun 2019.

Rapat paripurna BPD ini disaksikan oleh ratusan warga. Mereka mendatangi kantor desanya untuk melihat secara langsung penetapan perdes setelah melewati berbagai tahapan mulai dari inisiasi penyusunan dan pembahasan, pembentukan tim perumus, konsultasi publik dan evaluasi ranperdes di tingkat kabupaten.

Rapat paripurna penetapan Perdes PAUD HI ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kaur Perencanaan Desa, Yusfina Yaku Danga, yang memandu acara menyatakan kegembiraannya dengan ditetapkannya perdes tersebut. Menurutnya, Perdes PAUD HI ini lahir dari partisipasi aktif semua komponen masyarakat.

Perwakilan Camat Wanokaka, Ngadyi  Rengu, SH, yang hadir menyaksikan penetapan perdes juga mengaku sangat senang. Menurutnya, Desa Katiku Loku menjadi contoh bagi desa lainnya di wilayah itu maupun bagi desa lainnya di Kabupaten Sumba Barat. Hal itu dikatakannya mengingat, perdes ini lahir sesuai mekanisme atau tahapan sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku. Dengan demikian, ia berharap semua masyarakat harus bisa menerima pemberlakuan perdes karena prosesnya dilakukan secara partisipatif. Ngadyi Rengu juga meminta kepada BPD agar ke depan harus bisa mengawasi pemberlakuan perdes. Jika masih ada anak yang tidak ditimbang di posyandu, tidak ke PAUD atau tidak ada kegiatan BKB dan ada anak yang tidak punya akte kelahiran maka BPD bisa memanggil kepala desa dan mempertanyakaannya. Hal ini penting agar perdes yang ditetapkan benar-benar berlaku secara efektif dan bermanfaat bagi semua masyarakat dan semua anak usia dini terpenuhi hak-haknya baik hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi, hak mendapatkan perlindungan dan hak-hak anak lainnya. Kepala Desa Katiku Loku, Darius D. Lenga, di hadapan anggota BPD dan warga masyarakatnya berulang kali menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja keras BPD dan semua komponen masyarakat yang sudah mendukung sejak awal inisiasi penyusunan ranperdes hingga penetepan ranperdes menjadi perdes. Untuk mendukung pelaksanaan perdes ini, pihaknya di awal tahun 2020 akan membentuk dan mengukuhkan tim Taman Pawoda Desa untuk mengawal dan melaksanakan layanan PAUD HI. (bkr/SFN)

To Top