Peristiwa

Virus Corona, 2 Agenda Besar AMAN Ditunda

Suara Flores
Panitia Pelaksanaan Rakernas dan HUT AMAN ke 21saat menggelar Konferensi Pers di Wisma Emaus Ende, Senin (17/03/2020) siang.

ENDE, SUARAFLORES.NET – Serangan Cirus Corona atau Covid-19 sudah masuk di wilayah Indonesia. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghimbau semua aktifitas dilakukan dari rumah. Mencermati fakta itu, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menunda sejumlah agenda penting, yakni Rapat Kerja Nasional dan perayaan Hari Ulang Tahun AMAN ke-21.

Sebelumnya, AMAN telah mengagendakan dua kegiatan tersebut, yang di rencananya di selenggarakan tanggal 17 – 21 Maret 2020 bertempat di Saga dan Universitas Flores Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini di Sampaikan Ketua Umum Panitia Pelaksanaan Rakernas dan HUT AMAN ke 21, Eustobio Rero Renggi saat menggelar Konferensi Pers di Wisma Emaus Ende, Senin (17/03/2020) siang.

Di jelaskan Eustobio, saat ini, dunia pada umumnya dan Indonesia khususnya sedang dilanda Virus Covid-19 (Corona) yang penyebarannya sangat cepat. Berdasarkan kesepakatan, Sekretaris Jendral memutuskan untuk menunda kegiatan besar tersebut.

Data yang dihimpun dari panitia pelaksana, semestinya Rakernas dan HUT ke 21 tahun 2020 akan di hadiri oleh 900 sampai dengan 1.000 orang peserta dari semua Komunitas Masyarakat Adat di Seluruh Indonesia.

“Pertimbangan kemanusiaan maka penundaan ini penting dilakukan,” kata Eustabio.

Baca juga: Keberhasilan Lahir dari Proses Panjang dan Kerja Keras

Baca juga: Julie Laiskodat: Saya Mau TPI Maumere Ada Aroma Kopi-Kopi Flores

Ia menjelaskan, data saat ini, ada 8 propinsi diidentifikasi adanya penyebaran virus yang sangat cepat seperti DKI, Jawa Barat, Bali, Sulut, Banten dan lain- lain.

Soal kapan waktu akan diselenggarakan Rakernas, kata Eustabio, pihaknya masih menunggu keputusan dari Sekjen AMAN dan Dewan AMAN.

“Langkah mitigasi dilakukan panitia agar semua pihak, baik peserta maupun narasumber dapat dideteksi kondisi kesehatan mereka. Setelah semua membaik dan jauh dari semua jenis virus, kita tetap melaksanakan agenda besar ini di Ende,” ujarnya.

Sementara Ketua Aman Nusa Bunga, Philipus Kami, menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi selama ini demi menyukseskan kegiatan rakernas dan HUT AMAN.

Dirinya juga menyampaikan Ucapan Terimakasih kepada Pemda Ende, DPRD Ende yang telah membantu panitia dan AMAN Nusa Bunga.Hadir pada acara konferens pers tersebut, yakni para pengurus AMAN, dan panitia penyelenggara serta pengurus AMAN wilayah Nusa Bunga Glores Lembata. (dami).

To Top