Ekbis

Wabup Agus Boli Dorong IKTL Waibalun Buka Lab Olah Ikan

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,- Mengingat banyaknya potensi hasil ikan di Flores Timur, maka Kampus Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) yang bermarkas di Waibalun,  mesti berani membuat gebrakan membuka Laboratorium Pengelolaan Ikan untuk memenuhi permintaan pasar.

“Dimana, Ikan di Flores Timur tidak hanya dijual ke luar mentah, tapi jual dalam bentuk jadi seperti ikan kering, kerupuk ikan dan lainnya berlabel Flotim. Saya tantang Rektor dan seluruh civitasnya untuk bisa buat terobosan itu,”tegas Wakil Bupati Agust Payong Boli,SH saat membuka kegiatan The IKTL Colour Run sebagai ajang pembuka Dies Natalies dan Wisuda ke dua dan ketiga Mahasiswa IKTL, yang terjadi Selasa, 19 November 2019 mendatang.

Wabup Agus Boli pada kesempatan itu meminta agar IKTL sebagai salah satu perguruan tinggi di Flores Timur wajib menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi penelitian dan pengembangan di Flores Timur.

“Ini penting agar pandangan-pandangan dan hasil-hasil penelitian kaum ilmuwan/kampus menjadi rekomendir riil ilmiah terkait problema-problema pembangunan di Flores Timur dan sudah tentu Pemda akan bermitra untuk melaksanakannya,”pungkasnya lagi.

“Saya lihat banyak Dosen ikut berpendapat di Medsos. Nah ini mesti diwujudkan dalam riset agar menjadi problem solving bagi masyarakat dan Pemda,”katanya.

Lebih lanjut Pemimpin muda Flotim yang energik dan cerdas ini menegaskan, potensi ikan yang banyak di serta luas laut Flotim ke depan akan menjadikan masa depan maju dan sejahtera jikalau dikelolah dengan baik. Apalagi luas lahan pertanian pun akan semakin berkurang seiring bertambahnya populasi penduduk.

Tak menyia-nyiakan kesempatan, Agus Boli pun mengajak Rektor IKTL, Vinsensius Lemba, S.Fil,M.Pd dan Kepala Program Studi Perikanan, Maria Ivan B.Niga,M.Pi berdialog terkait hal ini. Yakni, IKTL Waibalun harus menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Ikan di Flotim dan membangun laboratoriumnya.

“Iyah, saya harap IKTL Waibalun bisa benar-benar mewujudkan mimpi besar ini,”tohoknya penuh semangat.

Sontak ide cerdas orang nomor dua Flotim ini langsung direspons gesit Rektor Vinsensius Lemba dan jajarannya. Baik Vinsensius Lemba dan Maria Ivan langsung nyatakan kesiapannya merealisasikan ide besar ini.

“Saya akan wujudkan ide besar dan cerdas ini di Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka demi tercapainya misi pembangunan Selamatkan Laut Flores Timur kedepan. Terus terang ini motivasi besar yang membuat nyali saya jadi kuat,”sergap Vinsensius penuh semangat.

Wabup Agus Boli yang terkenal selalu memberi ide-ide cerdas dan cepat beri solusi jitu itu, diakhir kesempatan tersebut juga mengajak seluruh civitas IKTL Waibalun untuk berani tampil beda merubah dunia dari Kampung Flores Timur.

Acara The IKTL Colour Run kali ini diikuti sekitar 200 an mahasiswa.
Pantauan Media, mereka sangat antusias mengikuti sambutan Wabup Agus Boli tersebut.

Beberapa diantara mereka terlihat senyum-senyum saat mendengar petuah Agus Boli terkait pembukaan laboratorium pengolahan ikan.
Pasalnya, bidang perikanan dan kelautan merupakan salah satu program studi andalan Kampus yang tengah bekerjasama beasiswa dengan Pemkab Flotim tersebut. (Suara Flores.Net/RBT)

To Top