Infrastruktur

Warga Coal Rindu Jalan Hotmix, SMP dan Lapangan Bola

Suara Flores
Tu'a Gendang Coal, Frans Jeragan

LABUAN BAJO, SUARAFLORES.NET — Sudah lama warga Desa Coal dan sekitarnya merindukan sebuah jalan raya yang mulus dan berkualitas. Mereka juga tengah menantikan dibukanya Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan pembangunan lapangan bola kaki oleh Pemerintah.

Tu’a Gendang Coal, Frans Jeragan belum lama ini menyampaikan tiga hal penting tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami butuh jalan yang baik, sekolah dan lapangan bola kaki,” ujar Frans kepada SuaraFlores.Net belum lama ini.

Menurut Frans, pihak Tetua Adat di Gendang Coal telah menyerahkan tanah ke Gereja Keuskupan Ruteng. Gereja telah mendirikan sebuah Sekolah Dasar Katolik. Selain pembangunan SD, pihaknya juga mengharapkan pendirian sebuah SMP. Baginya, niat baik warga ini masih bernego dengan pihak Keuskupan agar memberikan sedikit tanah untuk pembangunan SMP.

‘Kami sudah mendekati Pastor Paroki hanya saja Pastor Paroki bilang harus menghadap Uskup,” ujarnya.

Baca juga: Di Balik Rahim yang Miskin, Banyak Misionaris Hebat Mencerdaskan Negara Lain

Frans pun berharap Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bisa membantu membangun jalan tersebut dan diharapkan agar membantu pihaknya menggusur lapangan bola kaki tersebut.

“Kami berharap penuh kepada Bupati Manggarai Barat dan Wakil Bupati. Tolong perhatikan pembangunan Sumber Daya Manusia di wilayah kami,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Tokoh Muda Coal, Hubert Garut bahwa desanya sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah.

“Selain beberapa hal yang disebutkan, sebenarnya kami juga membutuhkan penataan kelompok tani termasuk pembangunan Mbaru Gendang,” harapnya.

Warga lain, Theodorus Tamat mengeluh soal bantuan lain ke Desa. Dia berharap, pemerintah juga perlu membantu pembibitan berbagai benih cengkeh, mahoni, bibit ternak dan bibit buah-buahan. (Melky).

To Top