Politika

Yuston Karwayu: DPRD adalah kader partai yang dipersiapkan wakili rakyat

Suara Flores
Yohanes Agustino Masteriano, S.Pt, Calon Anggota DPRD NTT DARI PARTAI DEMOKRAT NOMOR URUT 2 DAPIL NTT 5

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Wakil rakyat (DPRD) merupakan orang-orang (pemimpin) yang dipercayakan (dipilih) melalui pemilihan umum legislatif setiap lima tahun untuk memperjuangkan hak-hak dasar masyarakat. Wakil rakyat bukan artis yang tampil seksi, gagah-gagahan di atas panggung untuk menghibur rakyat dan mendapat keuntungan yang besar. Wakil rakyat harus dibekali pengetahuan yang cukup, melewati proses pengkaderan dan pendidikan politik yang baik oleh Partai Politik.

Yohanes Agustino Masteriano, S.Pt atau akrab disapa Yuston adalah salah satu calon wakil rakyat (DPRD) Propinsi NTT dari Partai Demokrat. Yuston adalah kader Partai Demokrat. Sudah lama ia bergabung di partai politik dan melewati proses pembinaan serta pendidikan politik yang baik.

Di Partai Demokrat, ia dipercayakan menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua I DPC Partai Demokrat Kabupaten Ngada Periode 2011-2016. Melalui pengalaman dalam waktu yang cukup lama, boleh dibilang ia sudah layak untuk mewakili rakyat Flores di DPRD Propinsi NTT.  

Bagi Yuston, wakil rakyat dalam hal ini DPRD merupakan individu yang wajib mengantongi knowledge (pengetahuan) yang luas. Wakil rakyat harus memiliki keahlian fungsional untuk menghadapi pengambilan kebijakan anggaran yang nanti diputuskan bersama-sama.

“Mencalonkan diri menjadi wakil rakyat bagi saya bukan hal yang mudah. Kita harus melewati tahapan pengkaderan dan pendidikan politik pun harus dilalui sebagai modal untuk bersuara memperjuangkan hak-hak dasar rakyat di ruang sidang. Di ruang sidang, banyak wakil rakyat dari berbagai daerah yang dengan misi yang sama memperjuangkan hak-hak rakyatnya di daerah pemilihan. Maka kita harus memiliki keberanian, keahlian dan memiliki pengetahuan untuk mampu bersuara dengan tegas sehingga kepentingan kita diakomodir,” ujar Yuston mantan Ketua DPC Partai Penegak Demokrasi Indonesia Kabupaten Ngada Periode 2008-2009 dalam beberapa kesempatan diskusi di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Pulau Flores belum lama ini.

Baca juga: Mama Sia dan Mama Cua di Gubuk Tua

Baca juga: Bernad Boro Siap Menjawab “Mandulnya” Kiprah Politisi Tua

Baca juga: Banyak Umat Miskin di Belakang Gereja yang Megah

Kali ini adalah pertarungan yang ketiga bagi pria kelahiran Lela, 28 Agustus 1979. Dua kali pertarungan sebelumnya, ia belum diberi kesempatan oleh rakyat Flores. Tekatnya sebagai seorang kader yang pantang menyerah, ia pun kembali mencalonkan diri melalui Partai Demokrat untuk menjadi wakil rakyat di propinsi. Komitmen dan nyalinya tak mudah luntur untuk bersama-sama dengan rakyat dalam menggapai cita-cita, yakni kesejahteraan bersama.    

Kini, ia tengah turun gunung, mengumpul kekuatan untuk meraih dukungan yang besar dari rakyat Flores dengan strategi-strategi yang mendidik. Jauh sebelumnya, sebagai wirausaha ia telah berkontribusi untuk pembangunan melalui kegiatan-kegiatan fisik yang bermutu. Ia juga setia bersama kaum muda dalam kegiatan olahraga bola voli melalui berbagai turnamen dengan bendera Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan masih banyak kegiatan yang sudah ia lakukan untuk masyarakat.  

Melalui HIPMI, ia pun melakukan kegiatan-kegiatan kewirasausahaan dengan cara mendorong kaum muda untuk berwiraswasta dalam sejumlah kegiatan pembinaan. Semua yang ia lakukan dengan misi besar merubah pola pikir kaum muda agar menjadi kaum muda yang maju dan berguna bagi diri sendiri, masyarakat dan banyak orang.

Kepada SuaraFlores.Net, mantan Ketua Bidang Organisasi Gabungan Pengusaha Jasa Konstruksi (GAPENSI) Kabupaten Ngada tahun 2009-2014 ini, mengharapkan adanya dukungan yang besar dari rakyat agar ia boleh mewakili rakyat Flores di ruang Kelimutu DPRD Propinsi NTT demi misi mulia memperjuangkan hak-hak dasar rakyat menuju kesejahteraan.

“Saya mohon dukungan dari masyarakat Nagekeo, Ngada, Ende dan Sikka. Mari kita bersatu membangun Flores dan NTT dalam kebersamaan,” ajak Calon Anggota DPRD Nomor Urut Dua ini. (sfn02).

To Top